Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kritik TNI Langgar HAM, BEM UI Ditantang KKN di Papua

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Apr - 2024, 19:20

Placeholder
TNI yang tantang BEM UI untuk lakukan KKN di distrik Papua. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) kembali menjadi sorotan publik setelah mereka mengkritik keras tindakan TNI yang diduga melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua.

Kritikan tersebut disampaikan Badan Eksekutif Mahasiswa melalui akun Instagram mereka @bemui_official pada tanggal 26 Maret 2024.

Baca Juga : PBFI Kota Malang Mulai Petakan Kompetitor pada Porprov IX Jatim

Dalam unggahannya, BEM UI menyerukan kepada TNI untuk menghentikan pelanggaran HAM dan mendesak pemerintah untuk menyelesaikan akar permasalahan di Papua.

Tak hanya itu, BEM UI juga meminta agar aparat yang terbukti melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) diproses secara hukum.

Kritik BEM UI ini kemudian dibalas oleh seorang anggota TNI yang bertugas di Papua melalui akun TikTok @oreoo_007. Dalam videonya, anggota TNI tersebut menantang BEM UI untuk melakukan KKN di Distrik Okbab, Papua Pegunungan.

"Buat kau abang-abang UI si paling nasionalisme di tunggu KKN-nya di Distrik Okbab," dikutip pada akun TikTok anggota TNI tersebut, Kamis (4/4/2024).

Tak berhenti di situ saja, pemilik akun tesebut juga membagikan sejumlah foto saat dirinya bertugas di Papua bersama dengan rekan-rekannya. Dalam potret foto tersebut, dia menyisipkan pesan untuk BEM UI.

"Minimal sekali seumur hidup BEM UI ngerasain KKN di Papua Pegunungan," tulis anggota TNI tersebut.

Anggota TNI tersebut juga mengatakan jika Badan Eksekutif Mahasiswa UI sanggup melaksanakan KKN di wilayah KKB, dia akan memberikan dukungan secara finansial. 

"Jika BEM UI mampu untuk melaksanakan KKN di wilayah KKB (kelompok kriminal bersenjata), maka saya akan sumbangkan gaji saya sampai pensiun," tulis akun tersebut.

BEM UI trending X


Tantangan ini kemudian menuai berbagai respon dari warganet hingga membuat BEM UI trending topik di X yang dulunya Twitter pada Kamis (4/4/2024) sore. Dalam tanggapannya, banyak warganet yang mendukung TNI dan justru meminta BEM UI untuk menyetujui tantangan yang diberikan oleh TNI.

Baca Juga : Puluhan Sopir Bus Dites Urine, Sinergitas Pemkab dan Polres Situbondo Jelang Lebaran 2024

“? Harus nyobain sih Anggota BEM UI KKN di distrik papua yang rawan konflik?,” ungkap akun X @tanyakanrl.

“BEM UI si paling nasionalis, coba kalian semua nyobain KKN di distrik Papua bagian pegunungan,” sahut akun @abouthify_id.

Sementara ada pula warganet yang membela BEM UI dan menyebut jika TNI tersebut tidak bisa dikritik karena usai dikritik malah melontarkan tantangan.

“BEM UI si paling nasionalis, coba kalian semua nyobain KKN di distrik Papua bagian pegunungan,” ungkap akun @doenialain.


Topik

Peristiwa BEM UI Universitas Indonesia TNI



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni