Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Jalin Kasih Ramadan, Pemkab Banyuwangi Kunjungi Penyalin Tulisan Lontar Yusup

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

04 - Apr - 2024, 18:47

Placeholder
Senari (87 tahun ), salah seorang penyalin lontar Yusuf di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. (Istimewa)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  menggelar program Jalin Kasih Ramadan dengan mengunjungi rumah Senari (87 tahun ), salah seorang  penyalin Lontar Yusup, di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi,  Kamis siang (04/04/2024).

Pria berusia  lanjut tersebut telah berjasa besar bagi Banyuwangi dengan menyalin kurang lebih dua ratus tulisan Lontar Yusup. Dengan tekun semangat dan rasa cinta dia telah menyalin tulisan Lontar Yusup sejak tahun 1970 sampai dengan  2019 lalu.

Baca Juga : KONI Kota Malang Sebut Porprov IX Jatim Akan Dikemas Sport Tourism, Begini Gambarannya

Pemerintah melalui Kabid Kebudayaan Disbudpar Banyuwangi Dewa Alit Budi Siswanto menyerahkan bantuan bagi Senari yang berupa sembako dan sejumlah dana untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Pemberian bantuan sembako dan dana tersebut merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian pemerintah terhadap pelestari budaya yang berjasa besar dalam mengonservasi kekayaan seni budaya dan tradisi Banyuwangi.

Dalam usia yang tidak muda lagi, Senari diketahui menderita hipertensi selama satu bulan belakangan. Dia pun mendapat pemeriksaan kesehatan secara rutin dari petugas kesehatan dari puskesmas setempat.

Bahkan Pemerintah Desa (Pemdes) Kemiren juga melakukan program pendampingan dan memberikan bantuan rutin untuk makanan sehari-hari bagi Senari dan beberapa warga lain yang ada di wilayah tersebut. 

Sebelumnya, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Banyuwangi juga telah menawarkan perawatan kepada Senari. Namun, pihak keluarga memilih untuk merawatnya sendiri di rumah.

Baca Juga : Ini 5 Artis Hollywood yang Tertarik Belajar Islam dan Al-Quran, Terbaru Ada Will Smith

Perhatian dan kepedulian dari pemerintah ini tentu sangat membantu dan memberi semangat bagi keluarganya untuk merawat sang pelestari budaya Banyuwangi itu.

Pemkab terus berupaya peduli dan memuliakan tokoh-tokoh masyarakat yang berjasa banyak dalam memelihara menjaga dan melestarikan kekayaan seni budaya dan tradisi yang tumbuh dan berkembang di kota yang dikenal sebagai Serpihan Tanah Surga di Tanah Jawa itu.

Lontar Yusup sendiri merupakan satu-satunya naskah kuno yang ada di beberapa desa di Banyuwangi. Bahkan seni mocoan Lontar Yusup hingga kini masih “hidup” dan lestari dalam kehidupan masyarakat lokal, terutama di wilayah pedesaan. Keberadaannya sangat penting dalam khazanah kekayaan budaya rakyat (folklore) dan tradisi lisan di wilayah Banyuwangi.


Topik

Serba Serbi Jalin Kasih Ramadan Pemkab Banyuwangi penyalin Lontar Yusup Banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy