Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

BPBD Banyuwangi Imbau Masyarakat Waspada Saat Melewati Jalur Rawan Bencana

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Apr - 2024, 18:42

Placeholder
Petugas melakukan pemotongan pohon yang dinilai berbahaya di kawasan pendidikan di Banyuwangi (foto: Nurhadi/ BanyuwangiTIMES)

JATIMTIMES – Dalam upaya menghindari adanya korban jiwa dan harta benda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Banyuwangi mengimbau warga masyarakat untuk menghindari jalur lintas yang rawan terjadi bencana longsor utamanya apabila melakukan perjalanan malam hari dan kondisi hujan turun.

Menurut Kepala Pelaksana BPDB kabupaten Banyuwangi Danang Hartanto, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa hati-hati dan waspada apabila melintas di wilayah yang rawan longsor.

Baca Juga : Libur Panjang Lebaran, Ini Kesiapan DLH Kota Malang

“Untuk jalur barat ke arah Kabupaten Bondowoso yang melewati kawasan Ijen kalau malam hari lebih baik dihindari. Karena kondisi cuaca tidak pasti, kalau hujan mending menunda untuk bepergian,” ujar Danang di kantor Pemkab Banyuwangi pada Kamis (4/4/2024).

Dia menuturkan untuk mitigasi dan mengatisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, BPDB Banyuwangi bersama dinas/instansi terkait sebelum bulan Ramadan sudah melakukan rapat kerja. Salah satu yang dilaksanakan adalah perempesan dahan dan ranting pohon yang dinilai membahayakan warga yang ada di sekitarnya.

“Untuk semua teman-teman SKPD yang mempunyai kewenangan untuk memotong  dan mengurangi ketinggian pohon karena banyaknya pohon yang tumbang. Kemudian untuk jalan nasional dan provinsi kita bantu menangani,” imbuh Danang.

Selain itu petugas BPBD bersama tim yang lain juga terus memantau daerah-daerah yang rawan terjadi bencana mulai Licin sampai dengan Kecamatan Kalibaru.

Baca Juga : Warga Kota Batu Bisa Titip Kendaraan di Polres dan Polsek Selama Mudik, Ini Syaratnya

Dalam masa mudik lebaran tahun ini, menurut Danang masyarakat diminta senantiasa waspada terhadap segala kemungkinan karena bencana sewaktu-waktu bisa terjadi. ”Bismillah Banyuwangi aman!,” pungkas Danang.


Topik

Lingkungan Banyuwangi bpbd Banyuwangi mudik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni