Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

PU Bina Marga Anggarkan Rp 650 Juta, Rekonstruksi Jembatan Ambles di Dau Dikerjakan Mei

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Apr - 2024, 18:26

Placeholder
Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang beserta sejumlah pihak terkait saat meninjau jembatan ambrol yang berlokasi di Jalan Tirto Taruno, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang pada beberapa waktu lalu. (Foto: Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang segera memperbaiki jembatan yang berlokasi di Jalan Tirto Taruno, Desa Landungsari, Kecamatan Dau yang ambrol pada akhir 2023 lalu. Diperkirakan pengerjaan rekonstruksi ulang jembatan tersebut akan berlangsung bulan depan, Mei 2024.

"Jembatan di Landungsari, Dau yang ambrol akan kita tangani dengan rekonstruksi ulang. Sehingga bisa lebih aman," ungkap Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma.

Baca Juga : Perbaikan Jalan Menyambut Mudik Lebaran 2024: Dinas PUPR Kabupaten Blitar Perbaiki 50 Ruas Jalan

Anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan rekonstruksi jembatan tersebut, dijelaskan Khairul, mencapai Rp 650 juta. "Anggaran yang kita siapkan sebesar Rp 650 juta. (Bersumber) pada Tahun Anggaran 2024," tuturnya.

Sementara itu, pada April 2024, tahapan perbaikan jembatan tersebut telah memasuki proses lelang. Sesuai sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), proses lelang akan berlangsung sekitar satu bulan.

"Saat ini sudah dalam proses lelang atau tender. Sesuai jadwal, lelang memerlukan waktu kurang lebih satu bulan di sistem LPSE. Maka dimungkinkan pengerjaannya akan dimulai di bulan Mei (2024)," ungkapnya.

Khairul menambahkan, pada sektor infrastruktur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas PU Bina Marga selama ini sudah banyak melakukan pemeliharaan rutin. Sehingga akses jalan termasuk jembatan di Kabupaten Malang sudah layak dan sangat memadai untuk dilalui.

"Namun untuk penanganan jembatan ini (di Jalan Tirto Taruno, Kecamatan Dau) tidak dapat kita lakukan dengan penanganan pemeliharaan rutin. Pertimbangannya karena dikhawatirkan justru dapat membahayakan pengguna jalan," imbuhnya.

Adanya pertimbangan itulah, Dinas PU Bina Marga akhirnya akan melakukan perbaikan dengan metode rekonstruksi ulang. "Sehingga perlu rekonstruksi agar jembatan tersebut benar-benar settle dan aman bagi pengendara," tuturnya.

Baca Juga : Bupati Sanusi Pilih Pos Indonesia untuk Salurkan Bansos Anak Yatim, Tidak Ribet Tanpa Potongan

Sekedar informasi, jembatan di Jalan Tirto Taruno, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang tersebut ambles pada Oktober 2023 lalu. Akibatnya terdapat lubang sekitar 2,5 meter di lokasi jembatan tersebut.

Di sisi lain, beberapa penanganan cepat telah dilakukan Dinas PU Bina Marga. Dikabarkan, pada Desember 2023, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang telah melakukan survei pada jembatan yang berlokasi di Jalan Tirto Taruno tersebut.

Hasil survei pada saat itu telah terindentifikasi terkait kerusakan jembatan. Sehingga penanganan fisik dimungkinkan akan dilakukan pada Mei 2024.

"Kami akan selalu berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan dasar yang memadai. Termasuk pada bidang infrastruktur kepada masyarakat," pungkas Khairul yang juga pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Malang ini.


Topik

Pemerintahan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang pemkab malang perbaikan jalan Kabupaten Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni