Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Libur Lebaran 2024, Pemkot Batu Targetkan 1 Juta Kunjungan Wisatawan

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Apr - 2024, 17:16

Placeholder
Kota Batu bersiap kedatangan wisatawan di libur lebaran 2024. (Foto: Prasetyo Lanang/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebagai salah satu jujugan wisata unggulan di Jawa Timur, Kota Batu diprediksi bakal banyak dikunjungi pada libur lebaran. 

Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata menargetkan hingga 1 Juta kunjungan saat libur lebaran 2024. Arus lalu lintas juga diprediksi mengalami kepadatan.

Baca Juga : Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Siddiq. Menurut dia targetan itu sebenarnya capaian kunjungan tahun sebelumnya. Sehingga diharapkan mengalami peningkatan di libur lebaran tahun ini.

"Pada libur lebaran 2023 lalu, tingkat kunjungan mencapai 987 ribu wisatawan. Kami optimis, pada lebaran tahun ini angka kunjungan bisa mencapai 1 juta wisatawan, jadi ditargetkan sekitar segitu," ungkap Arief saat dikejar, Kamis (4/4/2024).

Dikatakan, salah satu hal lain yang mempengaruhi yakni durasi liburan kali ini lebih panjang dibanding tahun sebelumnya. Dengan target itu, Pemkot tak tinggal diam. Beragam event juga digelar untuk menarik animo wisatawan berkunjung ke Kota Batu. "Sehingga target kunjungan 12 juta wisatawan tahun 2024 bisa tercapai bahkan melebihi target," tambahnya.

Diperkirakan, arus kunjungan wisatawan akan mulai terasa sejak H-4 hingga H+7 lebaran. Situasi itu berimbas pula terhadap kepadatan arus lalu lintas di hampir seluruh ruas jalan Kota Batu, terutama di sekitar objek wisata. Tercatat, tahun 2023 lalu jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Batu mencapai 90-100 kendaraan per menit. Tergolong tinggi dibandingkan saat hari-hari biasa sekitar 50-60 kendaraan per menit.

Sebelumnya, Polres Batu memberi atensi pada potensi kemacetan arus lalu lintas. Seiring dengan hal itu, disiapkan pula sejumlah strategi guna memperlancar arus lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024 yang berlangsung 13 hari mulai 4-17 April.

Baca Juga : Update Gate 13 Stadion Kanjuruhan: Tak Jadi Dibongkar

Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin menuturkan, sebanyak 499 personel gabungan diterjunkan pada Operasi Semeru Ketupat 2024. Terdiri dari unsur Polri, TNI, beberapa OPD Pemkot Batu dibantu relawan dan ormas. Para personel gabungan itu disebar pada 7 pos pelayanan dan pengamanan. Ada beberapa kegiatan yang diprioritaskan meliputi tindakan preemtif, preventif dan penegakan hukum. 

Ia menjelasakan, ada beberapa titik krusial kemacetan, antara lain simpang empat Arhanud, simpang tiga Pendem yang menjadi akses utama menuju jantung kota. Kemudian di sepanjang Jalan Ir. Soekarno hingga Jalan Pattimura. Titik kemacetan lainnya berada di Jalan Diponegoro, kawasan alun-alun, simpang tiga TMP di Jalan Suropati. Serta sepanjang Jalan Brantas hingga simpang tiga Bendo.

"Kami mengantisipasi potensi kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas maupun gangguan kamtibmas," kata Oskar.


Topik

Pemerintahan Pemkot Batu lebaran arus mudik lebaran 2024 idul Fitri kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni