Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Moment Lebaran, Pj Wali Kota Malang Imbau Masyarakat Tak Stok Bahan Pangan Berlebih

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Apr - 2024, 17:00

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat meninjau pelaksanaan GPM di wilayah Kecamatan Blimbing. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengimbau agar masyarakat tak membeli bahan pangan dengan jumlah berlebihan. Apalagi jika dimaksudkan untuk stok menjelang Lebaran. 

Wahyu mengatakan bahwa ada kecenderungan masyarakat yang masih menganggap bahwa ketersediaan bahan pangan tak cukup menjelang moment Lebaran. 

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Hal itu ditambah dengan trend naiknya harga bahan pangan saat moment Hari Besar. Termasuk saat Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024 ini. 

"Kecenderungan (masyarakat) kalau kami lihat, masyarakat masih nyetok. Ini mereka masih berpikir bahwa jelang lebaran, ketersediaan (bahan pangan) dianggap tidak mencukupi," ujar Wahyu, Kamis (4/4/2024). 

Untuk itu, dirinya menegaskan bahwa ketersediaan bahan pangan di Kota Malang dalam kondisi yang aman. Sehingga, dirinya berharap agar masyarakat bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan saja. 

"Saya beri penekanan bahwa semua ada pasti, dan belilah sesuai kebutuhan. Jangan nyetok (berlebihan), kalau habis di pasaran malah bisa tinggi lagi harganya," terang Wahyu. 

Jika memang nantinya ketersediaan bahan pangan habis, dirinya memastikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan hadir. Dengan memberikan intervensi melalui berbagai program. 

Baca Juga : Untuk Kebutuhan Lebaran, Pasokan LPG di Malang Ditambah 8 Persen

Saat ini, telah ada sejumlah program yang telah digulirkan oleh Pemkot Malang untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan masyarakat terhadap bahan pangan. Seperti operasi pasar, gerakan pangan murah (GPM) hingga warung tekan inflasi (WTI). 

"Dan apabila habis, kita selalu ada. GPM kan terus digulirkan di beberapa titik, kita harus beri intervensi. Dan nanti juga ada kios pangan. Menjadi salah satu solusi di pasar lain. Masyarakat jangan khawatir, stok pasti ada," pungkas Wahyu. 


Topik

Pemerintahan Pemkot Malang ketersediaan bahan pangan bahan pangan stok bahan pangan lebaran 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni