Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Antisipasi Kecurangan Saat UTBK-SNBT, Begini Langkah yang Ditempuh UB

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

04 - Apr - 2024, 15:10

Placeholder
Bincang dan Obrolan Santai (BONSAI) bersama pakar mengangkat tema "Persiapan UB Menghadapi UTBK-SNBT 2024 (Anggara Sudiongko/MalangTimes)

JATIMTIMES - Universitas Brawijaya (UB) menjadi tempat Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024. Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk antisipasi kendala teknis, kecurangan hingga adanya joki. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Imam Santoso, menyampaikan bahwa UB sudah matang dan siap melaksanakan UTBK.  Berbagai upaya baik teknis maupun non teknis dilakukan tepah dilakukan, utamanya dalam mencegah aksi kecurangan ataupun adanya joki.

Baca Juga : 10 Hewan dengan Masa Hidup Paling Singkat di Dunia, Ada Yang Hanya 24 Jam

UB telah mempersiapkan 644 pengawas yang nantinya secara bergiliran melakukan pengawasan selama tujuh hari jalannya UTBK. Sementara, untuk petugas pelaksana UTBK, telah disiapkan 899 orang petugas.

"Mulai dari 65 teknisi ruangan per hari, terdiri dari pengelola server 5 orang per hari, pengelola IT 16 orang per hari, pengelola lokasi 16 orang per hari, pengelola TI geospasial 16 orang per hari, teknisi kelistrikan 16 orang per hari, security dan metal detector 31 orang per hari," katanya.

Untuk mencegah kecurangan, para peserta nantinya akan dilakukan pengawasan ketat. Bahkan dimasing-masing ruangan secara total terdapat 70 orang petugas pelaksana. 

Saat masuk kedalam ruangan, dilakukan sterilisasi. Para peserta hanya diperkenankan membawa dokumen yang sesuai aturan boleh dibawa, yakni kartu peserta ujian ataupun ijazah. Mereka juga tidak diperkenankan untuk membawa alat komunikasi atau elektronik apapun. 

Setiap masuk ke ruangan akan dilakukan pengecekan dengan metal detector. Termasuk juga secara fisik juga akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas. Bahkan, mereka yang berjilbab pun juga akan dilakukan pengecekan satu persatu.

"In case misal ada tentu akan dilakukan tindakan. Hp, bulpen, buku catatan, termasuk jam tangan pun tidak boleh," jelasnya.

Pada SNBT, total yang mendaftar pada pilihan 1, 2, 3 dan 4 ada 39384 pendaftar. Daya tampung SNBT 5506. Dengan banyaknya jumlah pendaftar ini, berbagai sarana dan prasarana telah disiapkan, mulai dari perangkat komputer, ruangan dan kapasitas yang tersedia untuk proses pendaftaran calon mahasiswa jalur SNBT.

Baca Juga : Bikin Nyaman Pengunjung, Jasa Yasa Segera Bangun 20 Toilet Mewah di Balekambang dan Ngliyep

Dalam pelaksanaan UTBK, UB telah menyiapkan 62 ruangan dan tersebar pada 16 lokasi laboratorium komputer dilingkungan UB. "Baik ada di rektorat maupun fakultas di kampus utama atau jalan Veteran," katanya (4/4/2024). 

Dalam pelaksanaan UTBK, ribuan perangkat komputer disediakan. Totalnya mencapai 1.580 perangkat komputer yang telah sesuai dengan spesifikasi dair Panitia Pusat UTBK. Sebagai antisipasi manakala terdapat kendala teknis pada perangkat komputer, juga disediakan 226 perangkat komputer cadangan.

Begitu dari sisi kelistrikan. Pihak UB telah mengirimkan surat ke PLN untuk tidak melakukan memadamkan listrik selama pelaksanaan UTBK. Pada setiap lokasi UTBK, telah disei5 mesin genset yang selalu standby manakala terjadi adanya pemadaman listrik.

Selain itu, dalam hal ini juga melibatkan tim yang bertugas mengawal jaringan. Jaringan internet maupun di dalam kampus di optimalkan untuk kelancaran jalannya UTBK. 

"Dari dua kondisi faktor keamanan ini dapat di pastikan pelaksanaan UTBK di UB dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.


Topik

Pendidikan utbk snbt ub malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana