Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Lanjutkan Inisiatif Keberlanjutan, FIFGROUP Pasang Solar Panel di Kota Serang

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Dede Nana

04 - Apr - 2024, 14:29

Placeholder
Penandatangan plakat sebagai simbolis peresmian solar panel kapasitas 10,8 KwP di FIFGROUP Cabang Serang 

JATIMTIMES - Memasuki tahun 2024, FIFGROUP, sebagai salah satu anak perusahaan dari PT Astra International Tbk, terus melanjutkan komitmennya dalam upaya mendukung pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca. Perusahaan pembiayaan roda dua itu kembali meresmikan instalasi solar panel kapasitas 10,8 KwP, berlokasi di Kantor FIFGROUP Cabang Serang, pada Rabu, 03 April 2024.

Kegiatan ini menyusul pemasangan instalasi solar panel di sepuluh kantor cabang pada tahun 2023, tujuh cabang sebelumnya pada 2022 dan satu cabang pada 2019. Pada tahun 2024 ini, FIFGROUP menargetkan penambahan solar panel di 12 titik cabang dan Serang menjadi cabang pertama yang diresmikan. Menurut rencana, implementasi project pemasangan solar panel FIFGROUP akan menyusul dilakukan di cabang Cikarang, Palu, Pontianak 1, Surabaya 1, Palangkaraya, Lampung, Sorong, Pangkal Pinang, Batam 1, Jatiuwung, dan Pondok Gede.

Baca Juga : Ngeri, Seluruh Posisi Timnas Indonesia Diisi Pemain Naturalisasi

Hadir dalam peresmian kali ini, Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati; didampingi oleh Regional Management Division Head FIFGROUP, Julius Julianto; CRM & Digital Division Head FIFGROUP, Joni Citradinata; GS, Security, & Building Management Division Head FIFGROUP, Theresia Muliani; EHSSR & Sustainability Department Head FIFGROUP, Charles DW Simaremare; Banten Area Department Head, Firman Yulianto, dan Kepala Cabang FIFGROUP Serang, Midian Situmeang.

18 Titik Tersebar di Indonesia, Tambah 12 Titik di 2024
Serang menjadi salah satu yang terpilih untuk dilakukan instalasi panel surya karena tingkat sinar matahari yang tinggi. Kondisi intensitas irradiasi matahari sebesar 1.702,9 KWh/m2, sesuai dengan data dari Global Horizontal Irradiation (GHI) yang memiliki intenstitas irradiasi tertinggi berada di wilayah Indonesia bagian Selatan (kisaran 1.600 KWh/m2 sampai dengan 2.000 KWh/m2).

Pada tahun 2024 ini, FIFGROUP berkomitmen untuk melakukan pemasangan instalasi solar panel sebanyak 12 titik lokasi kantor cabang. Setelah sebelumnya di 2023 telah dilakukan 10 instalasi solar panel berlokasi di Medan, Denpasar, Pekanbaru, Rungkut, Makassar, Palembang, Jayapura, Mataram, Karawang, dan Balikpapan.

Dalam sambutannya, Esther Sri Harjati menyampaikan harapannya untuk berperan aktif dalam berkontribusi mendorong perubahan positif ini. “Mari kita dukung segala bentuk aksi positif dalam memberikan tempat tinggal yang lebih baik untuk anak cucu di masa depan, dengan tingkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan mengurangi jejak karbon. 

Melalui tindakan kecil, mulai dari diri sendiri, seperti menghemat energi dan memilih sumber daya yang ramah lingkungan, kita dapat berkontribusi pada masa depan yang lebih cerah untuk generasi mendatang.”

“Pemasangan solar panel ini juga seirama dengan misi perusahaan dalam menjalankan program keberlanjutan yang sejalan dengan Environment, Social, and Governance (ESG). Oleh karenanya, setiap individu dan pihak harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan emisi GRK agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari bagi generasi mendatang,” lanjut Esther.

Inisiatif Keberlanjutan FIFGROUP
FIFGROUP berharap melalui instalasi solar panel yang dilakukan secara berkesinambungan saat ini dapat menjadi inisiatif yang baik dalam memberikan dampak positif bagi keberlanjutan ekosistem lingkungan hidup di bumi dan kehidupan di generasi yang akan datang.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Esther juga menyampaikan terkait kompetisi bagi karyawan internal bertajuk FIFGROUP Sustainability Awards 2024 dengan mengajak seluruh insan FIFGROUP untuk berpartisipasi, baik melalui pencapaian sustainability index cabang dalam sub-program Sustainability Index Awards, maupun melalui ide misi keberlanjutan yang inovatif dalam sub-program Sustainability Innovation Ideas dengan inisiatif-inisiatif demi kebaikan perusahaan dan kontribusi kepada lingkungan, sosial dan keamanan.

Perusahaan yang berkantor pusat di selatan Jakarta itu juga tetap menjalankan program kampanye #CARE (Create Action, Rescue Earth) dalam mewujudkan aksi nyata perseroan dengan berfokus pada peningkatan awareness karyawan untuk mencapai target keberlanjutan pada tahun 2030.

Pada kampanye tersebut, FIFGROUP membaginya menjadi 3 inisiatif, yaitu #CAREforWaste, #CAREforPeople, dan #CAREforGreenLeaving. Untuk #CAREforWaste, FIFGROUP mendorong karyawannya berpartisipasi untuk bijak dalam penggunaan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.
Kemudian melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Dan untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptakan kehidupan yang berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan dalam menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner (AC) sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan.

Program ini akan terus digencarkan oleh perusahaan, sehingga kedepannya aksi keberlanjutan tidak hanya dilakukan oleh perseroan tetapi dimulai dari hal kecil yang dapat dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan hingga masyarakat yang merasakan dampaknya.


Topik

Advertorial fifgroup solar panel



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Dede Nana