Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkab Blitar Raih Penghargaan PPD Terbaik III dan Percepatan Penurunan Stunting Jatim

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

04 - Apr - 2024, 13:04

Placeholder
Bupati Blitar Rini Syarifah menerima penghargaan PPD dari Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono.(Foto: Pemkab Blitar)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten Blitar memperoleh penghargaan bergengsi sebagai Terbaik III dalam Kategori Kabupaten Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2024. Bupati Blitar Rini Syarifah dengan bangga menerima piagam penghargaan tersebut sebagai bukti nyata prestasi dalam mengakselerasi penurunan angka stunting yang telah diintegrasikan dalam program pembangunan daerah. 

Penyerahan penghargaan ini dilakukan secara langsung oleh Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada Rabu (3/4/2024).

Baca Juga : 5 Cara Menghancurkan Lemak Membandel di Perut dari Ahli Diet

Menurut Bupati Blitar, Rini Syarifah, PPD menjadi salah satu evaluasi penting terhadap progres pembangunan suatu daerah yang diadakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. 

"Penghargaan ini bukan hanya prestasi bagi kami, tetapi juga momentum penting untuk terus berinovasi dalam percepatan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur," ungkap Bupati Blitar dengan tegas.

Bupati Blitar Rini Syarifah, yang juga merupakan perempuan pertama yang menduduki jabatan tersebut di Kabupaten Blitar, menambahkan bahwa penganugerahan ini menjadi pemicu bagi pemerintah daerah untuk terus berinovasi dalam mempercepat pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur. Tujuannya adalah untuk mewujudkan pembangunan daerah yang selaras, efektif, dan efisien melalui perencanaan pembangunan yang berkualitas.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Blitar," tambahnya.

Terkait dengan masalah stunting, Bupati Blitar menyatakan optimis bahwa angka prevalensi stunting di wilayahnya akan terus mengalami penurunan. Dia berharap target penurunan hingga 8,6% pada tahun 2024 dapat tercapai atau bahkan melampaui. Namun, untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan kerja keras dan kerjasama dari semua pihak terkait.

"Kami berfokus pada upaya-upaya yang konkret untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat, terutama anak-anak," jelasnya.

Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, juga menegaskan bahwa fokus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJPD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jawa Timur masih pada peningkatan kualitas SDM serta penurunan angka kemiskinan. 

"Kami sangat mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh Pemerintah Kabupaten Blitar dalam menyusun strategi untuk percepatan pembangunan daerah," ujarnya dengan mantap.

Baca Juga : PBFI Kota Malang Mulai Petakan Kompetitor pada Porprov IX Jatim

Dia juga menekankan pentingnya penggunaan data yang terintegrasi dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota untuk mencapai semua target pembangunan yang telah ditetapkan. "Musrenbang ini merupakan wadah penting untuk menyinergikan kebijakan-kebijakan yang diperlukan dalam mencapai visi pembangunan daerah," tambahnya lagi.

Dalam konteks yang lebih luas, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, turut memberikan arahan yang signifikan dalam upaya transformasi pembangunan. Ia mendorong agar pemerintah daerah terus melakukan transformasi digital yang adaptif dengan dinamika zaman.

 "Transformasi digital bukan sekadar tentang penggunaan teknologi, tetapi juga tentang bagaimana teknologi tersebut dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat," paparnya.

Menpan-RB juga menekankan bahwa suksesnya pembangunan suatu daerah tidak hanya dilihat dari angka-angka statistik semata, tetapi juga dari dampak yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat. 

"Kami berharap bahwa pemerintah daerah dapat terus berinovasi dalam menyediakan layanan publik yang lebih efektif, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," tandasnya.

Dengan demikian, prestasi yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Blitar dalam meraih Penghargaan PPD Terbaik III dan upaya percepatan penurunan stunting menegaskan komitmen yang kuat dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dan membangun infrastruktur yang berkualitas. Langkah-langkah ini sejalan dengan visi pembangunan nasional yang adaptif, progresif, dan berorientasi pada pelayanan masyarakat yang lebih baik.


Topik

Pemerintahan bupati blitar penghargaan pembangunan daerah stunting



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana