Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Prediksi Cuaca Saat Lebaran 2024 di Wilayah Jawa Timur: 3-18 April Hujan Sedang hingga Lebat 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

04 - Apr - 2024, 10:36

Placeholder
Ilustrasi hujan yang diprediksi terjadi pada periode 3 sampai 18 April atau saat lebaran 2024. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - BMKG Juanda merilis prospek cuaca posko lebaran 2024 di Jawa Timur, di mana beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat pada periode 3 hingga 18 April. Prospek cuaca posko lebaran 2024 tersebut diunggah oleh akun Instagram resmi BMKG Juanda. 

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Sidoarjo, Taufiq Hermawan mengatakan saat ini sebagian besar wilayah Jawa Timur masih berada pada masa peralihan atau pancaroba dari musim hujan menuju musim kemarau. 

Baca Juga : Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

"Kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya aktifitas gelombang atmsofer yang melintasi wilayah Jawa Timur yakni, Madden Jullian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby dan Gelombang Keivin," jelasnya. 

"Suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih hangat, serta didukung dengan kondisi atmosfer yang labil dan lembab mulai lapisan bawah hingga atas mempengaruhi pembentukan awan-awan konvektif yang masif," imbuh Taufiq. 

Berikut ini beberapa wilayah di Jawa Timur yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat pada periode 3-18 April 2024: 

● Kota Batu

● Kab. Bojonegoro

● Kab. Bondowoso

● Kota Kediri

● Kab. Lumajang

● Kota Madiun

● Kab. Madiun

● Kab. Magetan

● Kota Malang

● Kab. Nganjuk

● Kab. Ngawi

● Kab. Pamekasan

● Kota Probolinggo

● Kab. Sampang

● Kab. Sumenep

● Kab. Tuban

● Kab. Kediri

● Kab. Mojokerto

● Kab. Probolinggo

● Kab. Blitar

● Kab. Jember

● Kab. Jombang

● Kab. Lamongan

● Kab. Malang

● Kab. Pasuruan

● Kab. Ponorogo

● Kab. Situbondo

● Kota Surabaya

● Kab. Bangkalan

● Kab. Gresik

● Kab. Sidoarjo

● Kota Blitar

● Kab. Pacitan

● Kab. Tulungagung

● Kab. Trenggalek

● Kota Mojokerto

● Kab. Banyuwangi. 

 

Taufiq juga mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama selama posko lebaran. 

"Diharapkan masyarakat lebin mengantisipasi terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang," imbau Taufiq. 

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu memantau kondisi cuaca terkini berdasarkan citra radar cuaca WOFI melalui website https: stamet-juanda.omkg.go.id radar dan informasi peringatan dini 3 harian dan peringatan dini 2 - 3 jam ke depan yang selalu dibagikan melalui website https: stamet-juanda.omkg.go.id dan media sosial @infobmkgjuanda, saluran telepon 24 jam (031) 8668989 dan WhatsApp: 08958003000N1. 


Topik

Lingkungan Bmkg Juanda prakiraan cuaca



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya