Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Kisah Amru bin Utbah, Tak Bergeming Meski Didatangi Singa Saat Salat

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

04 - Apr - 2024, 10:20

Placeholder
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Kisah Amru bin Utbah bin Farqad as-Salami patut menjadi contoh umat Islam untuk kian fokus dalam ibadah. Saat Amru melaksanakan salat, ia sempat dihampiri seekor singa, namun hal tersebut tak membuatnya goyah untuk menyelesaikan salat. 

Dari buku Shalat Orang-orang Saleh karya Ahmad Mushthafa Ath-thahthawi dijelaskan, 
Amru bin Utbah tetap khusyuk melaksanakan salat dan berpasrah kepada Allah SWT. 

Baca Juga : Memakai Baju Baru di Hari Raya Idul Fitri, Wajib atau Sunah?

Diriwayatkan dari Hasan al-Fazari, dari budak Amru bin Utbah yang bercerita, satu hari ketika panas menyengat, ia terbangun mencari keberadaan Amru. Ia kemudian mendapati Amri berada di atas gunung tengah menjalankan salat. Setelah itu, cuaca oun berubah menjadi mendung, melihat itu ia pun memayungi Amru.

Dengan salatnya yang begitu banyak, budak itu kemudian meninggalkannya. Dan kemudian masuklah pada malam hari. Tak lama terdengar auman singa. Budak dan orang di sekitar Amru kemudian berlari menyelamatkan diri. Sementara, Amru masih tetap berada di tempat dan khusyuk menjalankan salat.

Setelah beberapa saat, singa yang terus mengamati Amru kemudian pergi meninggalkan Amru. Amru pun kemudian menyelesaikan salatnya. Kemudian budak bertanya kepada Amru, "Apakah Anda tidak takut pada singa?" ia menjawab, "Saya sungguh malu pada Allah SWT kalau harus takut kepada selain Allah SWT."

Sementara, pada kisah lainnya, Amru saat utu tengah melaksanakan salat malam. Tak lama datang gerombolan singa yang berhenti di hadapannya. Kemudian seekor singa mendekat dan melingkarkan kakinya pada Amru. Amru pun tetap tak bergeming dan fokus melaksanakan salat.

Saat Amru ingin sujud, seekor singa lagi datang dan berada di tempat sujudnya. Amru pun hanya memberikan gerakan kecil agar singa itu menyingkir. 

Kemudian esok pagi, seorang sahabatnya datang dan menanyakan keadaan Amru saat dihampiri singa. Amru menunjukkan bekas gigitan kecil singa pada kakinya.

Baca Juga : Tips Membuat Kue dan Hidangan Manis untuk Lebaran Menurut Para Chef

Dalam doanya, yang sempat terdengar 
Al-A'masy pernah bercerita, "Saya pernah mendengar Amru bin Utbah berdoa, "Aku memohon tiga hal kepada Allah SWT. Saat ini Allah telah memberiku dua hal (dari tiga permohonan ku tadi). 

Dan aku masih menanti (terkabulnya permintaanku) yang ketiga. Aku memohon kepada-Nya agar menganugerahkan jiwa yang zuhud terhadap dunia sehingga aku tidak pernah memperdulikan nasib ku yang akan datang dan yang telah lewat. Aku juga memohon pada-Nya agar menguatkan diriku dalam melaksanakan salat dan Dia pun memberikannya. Dan terakhir aku memohon kepadanya agar aku dapat mati syahid. Inilah yang aku harapkan."

Kisah ini tentunya mempunyai makna agar dalam kondisi apapun harus tetap khusyuk dan mengingat nama Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Al A'Araf 205, "Janganlah kamu termasuk orang-orang yang lupa".

Kemudian dalam Al-Qur'an surat Thaha ayat 14, Allah SWT berfirman, "Kerjakanlah shalat untuk mengingat-Ku". 


Topik

Agama Amru bin utbah tips fokus ibadah Rasullullah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya