Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Wali Kota Blitar Sidak Toko Sembako Jelang Lebaran, Pastikan Ketersediaan dan Kualitas Produk

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

04 - Apr - 2024, 09:48

Placeholder
Wali Kota Blitar Santoso memimpin sidak ketersediaan sembako jelang Idul Fitri.(Foto: Pemkot Blitar)

JATIMTIMES - Menjelang Lebaran 1445 H, Wali Kota Blitar Santoso bersama jajaran Forkopimda dan Kepala OPD terkait melakukan sidak ketersedian bahan pokok di beberapa toko sembako pada Rabu (3/4/2024). Sidak ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Pemerintah Daerah untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok menjelang perayaan Lebaran.

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menjelaskan hasil pemantauan menunjukkan ketersediaan bahan pokok di Kota Blitar masih dalam kondisi aman. Bahkan, stok beberapa jenis bahan pokok seperti beras, minyak goreng, dan gula putih dipastikan aman hingga usai Lebaran. Terkait harga pangan, Wali Kota Blitar menilai situasinya cukup stabil. Meskipun terdapat kenaikan, namun menurutnya masih dalam batas yang aman.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

"Ya mungkin kenaikannya berkisar Rp. 1000 saja, masih aman dan biasanya memang terjadi saat mendekati Lebaran," jelas Wali Kota Blitar pada Rabu (3/4/2024).

Dalam agenda tersebut, pihak terkait juga mengingatkan agar pemilik toko menjual produk makanan dan minuman yang layak konsumsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah penjualan produk yang sudah kadaluarsa kepada masyarakat. Wali Kota Blitar menegaskan bahwa pemilik toko yang melanggar akan dikenakan sanksi tegas.

"Kalau ada yang tidak layak jual ya harus ditarik, jangan sampai dipasang di etalase. Karena bisa membahayakan konsumen," tegas Wali Kota Blitar.

Sidak ketersediaan bahan pokok dilakukan di sejumlah toko, salah satunya adalah toko modern di Jl. Merdeka Kota Blitar. Proses sidak ini mencakup pengecekan ketersediaan stok, kualitas produk, hingga pemantauan harga untuk memastikan tidak terjadi penyalahgunaan atau penyelewengan dalam menjual bahan pokok kepada masyarakat.

Baca Juga : KONI Kota Malang Sebut Porprov IX Jatim Akan Dikemas Sport Tourism, Begini Gambarannya

Tindakan sidak ini juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Daerah Blitar untuk memastikan kesejahteraan dan keamanan masyarakat menjelang perayaan Lebaran. Dengan langkah-langkah seperti ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam mempersiapkan kebutuhan menjelang hari besar keagamaan.


Topik

Peristiwa Kota Blitar santoso wali kota Santoso



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya