Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Meski Jumlah Kendaraan Naik Saat Lebaran, Lalin di Kota Malang Dipastikan Tetap Lancar

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Apr - 2024, 04:20

Placeholder
Ilustrasi lalu-lintas di Kota Malang. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang meyakini bahwa lalu-lintas Kota Malang akan tetap lancar pada saat masa libur lebaran mendatang. Meskipun jumlah kendaraan yang bakal masuk diperkirakan naik. 

Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putra mengatakan, hal itu lantaran masa libur dan cuti bersama pada moment Lebaran 1445 H ini akan berlangsung cukup panjang. Sehingga dimungkinkan membuat masyarakat lebih leluasa.

Baca Juga : Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

“Sangat dimungkinkan adanya peningkatan, tetapi kepadatan arus lalu lintasnya tidak menumpuk. Ini masyarakat masih leluasa untuk melakukan mobilisasi karena waktu liburnya lebih panjang,” ujar pria yang akrab disapa Jaya ini. 

Berdasarkan data Dishub Kota Malang, pada moment Lebaran tahun 2024 ini, diperkirakan akan ada sebanyak 59 ribu kendaraan yang masuk Kota Malang. 

Sedangkan pada hari biasa, kendaraan yang masuk Kota Malang kurang lebih sebanyak 51 ribu. Itu artinya, jika diprosentase akan ada peningkatan kendaraan yang masuk sekitar 15,6 persen. 

Masih mengacu pada data yang sama, kendaraan yang masuk ke Kota Malang masih didominasi kendaraan roda dua (R2). Yakni sekitar 40 ribu, sedangkan pada hari biasa hanya sekitar 35 ribu. 

Sementara untuk kendaraan roda empat (R4), kendaraan yang masuk pada libur lebaran mendatang diperkirakan sebanyak 19 ribu. Sedangkan saat hari biasa sekitar 16 ribu kendaraan. 

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Selain itu, hal tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya yakni pergerakan masyarakat di Jawa Timur juga mengalami kenaikan sebesar 16,2 persen. 

Selain itu, keberadaan akses untuk masuk menuju Kota Malang juga semakin mudah. Selain jalan poros atau jalan antar kota, setidaknya ada sebanyak 3 exit tol yang dapat diakses untuk menuju Kota Malang. 

Yakni exit tol Singosari di Kecamatan Singosari, exit tol Pakis Kecamatan Pakis dan exit tol Madyopuro di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. 


Topik

Peristiwa Dishub Kota Malang macet lebaran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri