Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bupati Sanusi Dorong Anak Yatim Sekolah di SMA Taruna Pagak

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

03 - Apr - 2024, 22:23

Placeholder
Bupati Malang HM. Sanusi saat memberikan bantuan sosial berupa uang tunai Rp 1 juta kepada anak yatim piatu di Pendapa Kantor Kecamatan Tumpang, Kamis (28/3/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi mendorong anak yatim piatu di Kabupaten Malang untuk belajar yang rajin agar pintar supaya bisa bersekolah di SMA Taruna Nusantara yang berada di Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. 

Dorongan itu disampaikan Sanusi saat bertemu dengan anak-anak yatim piatu di setiap kecamatan yang dikunjungi saat penyerahan bantuan sosial berupa uang tunai Rp 1 juta. 

Saat berdialog di masing-masing titik penyaluran bantuan sosial, banyak anak yatim piatu yang bercita-cita menjadi tentara maupun polisi. Menurut Sanusi, cita-cita tersebut dapat diraih dengan belajar yang rajin agar pintar. 

Dirinya pun mencontohkan sosok komandan koramil dan kapolsek di masing-masing wilayah penyaluran bantuan. Sanusi pun menanyakan kepada anak-anak yatim piatu. 

"Ada yang mau jadi polisi seperti Pak Kapolsek, atau ada yang mau jadi tentara kayak Pak Danramil. Nanti sekolah yang pintar," ujar Sanusi. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang itu pun menyampaikan, di Kecamatan Pagak,  saat ini telah proses dibangun SMA Taruna Nusantara Nantinya, anak-anak yatim piatu yang memiliki keinginan menjadi tentara ataupun polisi, bisa bersekolah di SMA Taruna Nusantara. 

"Nanti sekolah di SMA Taruna di Pagak, lulus bisa daftar jadi polisi atau tentara, supaya bisa jadi kapolsek atau danramil," ujar Sanusi. 

Namun, Sanusi memberikan syarat kepada anak-anak yatim piatu yang memiliki keinginan masuk menjadi siswa di SMA Taruna Nusantara, yakni harus pintar. 

"Kalau mau jadi tentara atau polisi, nanti sekolahnya di SMA Taruna Nusantara di Pagak. Tapi syaratnya harus pintar. Kalau nggak pintar nanti nggak bisa. Pokoknya pintar, bisa. Syaratnya harus mau sekolah," ungkap Sanusi. 

Sebagai informasi, Kementerian Pertahanan RI saat ini tengah berproses membangun SMA Taruna Nusantara di Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Pada tahun 2024 ditargetkan sudah dapat beroperasi dan menerima siswa baru. 

Peletakan batu pertama pembangunan gedung sekolah yang berada di lahan milik TNI Angkatan Darat seluas 30 hektare ini dilakukan oleh Wakil Menteri Pertahanan RI Muhammad Herindra pada Kamis 23 November 2023  lalu. 

Pembangunan SMA Taruna Nusantara di Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang menelan biaya sebesar 15 juta dollar Amerika Serikat atau lebih dari Rp200 miliar.
 


Topik

Pemerintahan Bupati Malang HM. Sanusi yatim piathu SMA Taruna Nusantara Malang Pemkab Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy