Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hasil Sidak Polres Malang: Stok Elpiji Terpenuhi, Tambahan Fakultatif Capai 218 Ribu Tabung

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

03 - Apr - 2024, 21:42

Placeholder
Petugas gabungan saat melakukan sidak yang diadakan Satreskrim Polres Malang ke sejumlah SPBE dan pangkalan dalam rangka memantau pasokan stok elpiji jelang lebaran Idul Fitri 2024. (Foto: Polres Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Stok elpiji di Kabupaten Malang dipastikan masih memadai untuk memenuhi kebutuhan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Tercatat, pada April 2024, jumlah pengiriman elpiji reguler mencapai 2,7 juta tabung. 

Pada bulan yang sama, yakni April 2024, penambahan fakultatif kuota elpiji 3 kilogram di wilayah Kabupaten Malang mencapai lebih dari 218 ribu tabung.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Meski stok elpiji jelang  Idul Fitri 2024 dipastikan aman,  jajaran kepolisian Polres Malang akan terus melakukan pemantauan. Salah satunya melalui agenda inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) serta pangkalan elpiji di Kabupaten Malang.

Terbaru, agenda sidak yang dilakukan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Malang berlangsung pada Selasa (2/4/2024). Kegiatan sidak tersebut dipimpin oleh Kanit II Tipidter Satreskrim Polres Malang Iptu Aji Prakoso.

Di sisi lain, sejumlah pihak juga turut dilibatkan dalam agenda sidak yang dilakukan Satreskrim Polres Malang. Yakni diantaranya meliput perwakilan Pertamina Depo Malang dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) wilayah Malang.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memastikan ketersediaan serta mengantisipasi kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji menjelang Idul Fitri 2024," ungkap Aji saat dikonfirmasi, Rabu (3/4/2024).

Aji menambahkan, dalam agenda sidak tersebut, dilakukan secara intensif di sejumlah SPBE dan pangkalan elpiji yang ada di Kabupaten Malang. Diantaranya adalah SPBE PT Solusindo Innovative Gas Domestik yang berlokasi di Jalan Raya Kebonagung. Selain itu sidak juga dilakukan di pangkalan elpiji 3 kilogram yang ada di Karangduren, Kecamatan Pakisaji.

Sementara itu, dilibatkannya sejumlah pihak dalam sidak tersebut, dilakukan dalam rangka pengecekan proses distribusi. Termasuk terkait ketersediaan stok dan harga elpiji di pasaran.

"Hasilnya menunjukkan stok elpiji 3 kilogram di SPBE tersebut dalam kondisi penuh, tidak mengalami kekurangan stok. Aktivitas truk pengangkut elpiji 3 kilogram juga terus beraktifitas melakukan distribusi," imbuhnya.

Dijelaskan Aji, berdasarkan data yang diterima Polres Malang, jumlah pengiriman Elpiji Reguler pada bulan April 2024 mencapai 2.776.080 tabung. Sedangkan penambahan fakultatif kuota elpiji 3 kilogram di wilayah Kabupaten Malang pada bulan yang sama, yakni April 2024 mencapai 218.960 tabung.

Baca Juga : Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek usai Dipakai Mudik, Jangan Langsung Dibawa Pergi Lagi

Distribusi elpiji yang terpantau lancar tersebut, menunjukkan para agen elpiji telah rutin mendapatkan stok elpiji sesuai dengan yang telah ditetapkan. "Pengiriman dilakukan dalam jumlah besar, bahkan bisa mencapai 500 hingga 560 tabung," tuturnya.

Meski stok elpiji di Kabupaten Malang dipastikan aman, termasuk untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 2024. Namun agenda pengecekan tersebut, menurut Aji, akan rutin dilakukan Polres Malang.

"Akan terus kami pantau sampai ke titik pengecer. Tujuannya untuk memastikan tidak ada kelangkaan atau kenaikan harga," tuturnya.

Aji menyebut, tidak adanya kelangkaan elpiji tersebut lantaran para agen penyalur elpiji telah mendistribusikan ke pangkalan tanpa mengalami keterlambatan. Termasuk selama bulan Ramadan hingga menjelang lebaran 2024.

"Stok elpiji di wilayah Kabupaten Malang dipastikan aman hingga menjelang Idul Fitri maupun pada saat memasuki libur perayaan lebaran 2024,” pungkasnya.


Topik

Peristiwa Sidak elpiji Polres Malang Kabupaten Malang stok elpiji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy

Peristiwa

Artikel terkait di Peristiwa