Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Jelang Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Kota Batu Sudah Tembus 50 Persen

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

03 - Apr - 2024, 20:44

Placeholder
Salah satu pengunjung saat akan reservasi di hotel Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebagai kota wisata, wisatawan tak cukup ke Kota Batu hanya sehari. Karena itu, jelang libur Lebaran 2024 ini, sudah banyak yang sudah melakukan reservasi di hotel Kota Batu.

Dari data Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, tamu hotel yang sudah melalukan reservasi 50 persen hingga Rabu (3/4/2024). Dengan demikian  rata-rata hotel di Kota Batu untuk Lebaran sudah terisi setengahnya.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

“Tingkatan keterisian sudah tinggi,” ungkap Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi.  Diperkiraka  presentase tersebut akan terus naik hingga lebaran mendatang.

Puncak keterisian nanti bakal diprediksi terjadi pada 13-14 April mendatang. Sebagian hotel diperkirakan bakal penuh, namun rata-rata keterisian 80-90 persen.

Biasanya wisatawan yang akan ke Kota Batu berasal dari kawasan Surabaya Raya dan Jakarta. Harga yang dipatok nanti tentu tarif high season.

“Ini momen wisatawan berbondong-bondong ke Kota Batu, sehingga jadi momen hotel menaikkan harga. Tapi meski naik, tetap tinggi keterisiannya,” imbuh Sujud.

Baca Juga : KONI Kota Malang Sebut Porprov IX Jatim Akan Dikemas Sport Tourism, Begini Gambarannya

Momen high seasion ini memang dimanfaatkan oleh hotel di Kota Batu karena saat Ramadan ini tingkat keterisian rendah. “Ramadan ini cukup sepi dan banyak hotel mengandalkan paket buka bersama,” terang pria yang juga direktur utama Selecta ini.

Menurut Sujud, hotel yang banyak dilirik selain berbintang adalah tematik. Hotel bernuasa tematik ini banyak dilirik karena punya nuansa berbeda dan menarik untuk ditempati. Misalnya  Kontena Hotel yang menjadi salah favorit wisatawan dari berbagai daerah. Hotel tersebut  kerap menjadi jujukan wisatawan hingga tingkat keterisiannya penuh.


Topik

Ekonomi Hotel Kota Batu okupansi hitel libur Lebaran Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy