Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Mendekati Libur Lebaran, Penumpang Bus AKAP di Terminal Arjosari Mulai Meningkat

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Apr - 2024, 18:51

Placeholder
Ilustrasi bus di Terminal Arjosari.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Aktivitas pemudik di Kota Malang menjelang libur Lebaran 1445 H mendatang mulai meningkat. Hal tersebut salah satunya nampak pada gelombang pemudik di Terminal Arjosari, Jalan Raden Intan Kota Malang. 

Kepala Terminal Arjosari, Maria Margareta, mengatakan, salah satu yang meningkat adalah jumlah penumpang bus antar kota antar propinsi (AKAP). Ia menyebut, peningkatan nampak terjadi sejak Selasa (2/4/2024). 

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Menurutnya, peningkatan yang terjadi sekitar 5 hingga 10 persen, jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Meskipun begitu, Maria mengatakan belum ada penambahan unit bus untuk melayani meningkatnya jumlah penumpang di H-7 Lebaran ini. 

"Kalau hari biasa sekitar 3 ribuan. Sabtu-Minggu itu peningkatannya luar biasa, sampai 4 ribu itu. Kalau penambahan jumlah bus itu biasanya di H-1 atau H+2 Lebaran," ujar Maria, Rabu (3/4/2024).

Dari catatannya, jika dirata-rata setidaknya ada sebanyak 78 unit bus AKAP yang berangkat dari Terminal Arjosari per harinya. Sedangkan untuk yang datang ke terminal tipe A ini, ada sekitar 40 hingga 48 unit per hari. 

Sementara dari rute yang ada, ada beberapa rute yang terbilang populer sebagai tujuan utama. Yakni Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Solo. 

Kondisi berbeda terjadi pada bus antar kota dalam propinsi (AKDP). Dari catatannya, ia mengatakan masih belum ada peningkatan jumlah untuk penumpang bus AKDP. 

Dari catatannya, peningkatan penumpang AKDP biasanya cenderung terjadi menjelang H-2 Lebaran. Khususnya menuju arah Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek. 

Baca Juga : 5 Cara Menghancurkan Lemak Membandel di Perut dari Ahli Diet

"Kalau AKDP rata-rata 230-300 an unit, baik untuk kedatangan ataupun yang berangkat dari Terminal Arjosari. Kalau AKAP memang beda, karena kan biasanya bus nya berhenti di sini, baru besoknya lanjut jalan, istirahat lah istilahnya," terang Maria. 

Namun jika dilihat secara keseluruhan, eskalasi lonjakan penumpang diperkirakan bakal terjadi hingga H-2 Lebaran. Namun menurutnya, jumlah cukup signifikan malah akan terjadi pada arus balik. Dengan perkiraan peningkatan mencapai 40-50 persen. 

"Kalau untuk arus mudik tetap ada peningkatan, tapi cenderung tidak terlalu signifikan," pungkas Maria.


Topik

Pemerintahan Malang Terminal Arjosari angkutan lebaran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri