Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Libur Lebaran, Polres Batu Petakan Jalan Rawan Kepadatan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Apr - 2024, 17:04

Placeholder
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupay Semeru di Alun-Alun Kota Batu, Rabu (3/4/2024). (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 499 personel gabungan disiapkan dalam Operasi Ketupat Semeru 2024 di wilayah Kota Batu mendatang. Personel tersebut disiapkan untuk menjamin rasa aman dan nyaman saat berkendara selama libur Idul Fitri.

499 personel gabungan terdiri dari 230 personel Polri, 28 personel TNI, 30 orang dari Dinas Perhubungan, 30 orang Satpol PP, hingga unsur organisasi masyarakat diterjunkan dalam Operasi Ketupat Semeru 2024. Jumlah tersebut akan disebar di seluruh pos pengamanan dan pelayanan di Kota Batu.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Mereka akan bersiaga di 7 pos yang sudah disiapkan oleh Polres Batu. “Di setiap pos nya juga ada tim kesehatan, disiagakan mobil ambulans hingga mobil derek,” ucap Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin usai Apel Gelar Pasukan di Alun-Alun Kota Batu, Rabu (3/4/2024).

Para personel disiagakan ini akan berkoordinasi terhadap potensi kerawanan lalu lintas untuk keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga pengendara yang mudik tetap aman dan nyaman selama melintas di Kota Batu.

Pihaknya telah memetakan lokasi rawan kepadatan. Yakni simpang 4 Arhanud, simpang 3 Pendem, Jalan Dewi Sartika. Di sana rawan kepadatan karena adanya pertemuan arus, sehingga perlu dilakukan monitoring dari personel.

“Diprediksi puncak arus lalu lintas terjadi pada 6-8 April 2024 nanti, antisipasinya pengendara untuk memanfaatkan jalur alternatif,” terang Oskar.

Beberapa jalur alternatif sudah disiapkan jika terjadi kepadatan kendaraan hingga tak bisa bergerak. Selain itu pihaknya telah berkoordinasi kepada seluruh kepala desa untuk tidak memarkirkan kendaraan di badan jalan.

Baca Juga : KONI Kota Malang Sebut Porprov IX Jatim Akan Dikemas Sport Tourism, Begini Gambarannya

“Dengan tidak adanya kendaraan terparkir di badan jalan akan mengantisipasi kepadatan di jalur alternatif,” tutup Oskar.

Diketahui dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024, Polres Batu mendirikan 6 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan. Pos Pengamanan berada di Pos Pam Pendem, Pesanggrahan, Bendo, Pujon, Kambal, dan Kasembon. Sedangkan untuk Pos Pelayanan ditempatkan di depan Alun-alun Kota Batu. 


Topik

Hukum dan Kriminalitas Polres Batu lebaran arus mudik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri