Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Polresta Banyuwangi Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Ratusan Knalpot Brong 

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Apr - 2024, 14:57

Placeholder
Pemusnahan Miras berbagai merek hasil operasi pekat di halaman Mapolresta Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES - Polresta Banyuwangi memusnahkan ribuan botol minuman keras (miras) berbagai merek dan ratusan knalpot brong hasil operasi penyakit masyarakat (Pekat) dalam beberapa waktu terakhir.

Kegiatan pemusnahan miras dan knalpot brong  tersebut dilakukan di halaman Polresta Banyuwangi usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru, pada Rabu (3/4/2024).

Baca Juga : 10 Negara Kunci Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satunya?

Berdasarkan data yang dilaporkan kepolisian Banyuwangi  ada 2.404 botol miras berbagai merek yang dimusnahkan di Mapolresta setempat.

Adapun rincian jenis minuman beralkohol yang dimusnahkan terdiri dari 1.371 botol miras pabrikan, 916 botol arak ukuran kecil dan 117 botol arak ukuran besar.

“Total keseluruhan miras yang dimusnahkan berjumlah 2.404 botol dengan jumlah literan 1.576 liter atau kurang lebih 1,6 ton,” ujar Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Dewa Putu Darmawan.

Proses pemusnahan beraneka jenis dan merek miras itu dengan cara dilindas menggunakan alat berat (slender). Sedangkan untuk knalpot brong pemusnahan dengan cara digergaji dengan menggunakan mesin pemotong.

AKBP Dewa mengatakan bahwa total knalpot brong yang dimusnahkan petugas sebanyak ada 170 yang merupakan hasil razia selama bulan suci Ramadan di berbagai tempat di Banyuwangi.

Lebih lanjut dia menuturkan penggunaan knalpot brong menimbulkan kebisingan dan mengganggu kekhusyukan dan kekhidmatan warga masyarakat dalam menjalankan ibadah suci bulan Ramadan.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Pengharum Ruangan, Bikin Tamu Betah saat Silaturahmi Lebaran

Selain itu, knalpot brong tersebut juga sering disalahgunakan untuk balap liar di ruas jalan yang ada di pusat kota maupun di beberapa wilayah kecamatan yang ada di Banyuwangi.

“Kegiatan pemusnahan merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka laka lantas. Selain itu juga banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait dengan bisingnya penggunaan knalpot brong,” kata Dewa.

Hadir dalam acara pemusnahan miras dan knalpot brong tersebut antara lain; perwakilan Kodim 0825, Lanal, Perwakilan Pengadilan Negeri (PN), Kejaksaan Negeri (Kejari), Kepala Satpol PP, Plt Kepala Dinas Perhubungan Ketua MUI Banyuwangi dan Senkom Mitra Polri serta beberapa undangan lain.


Topik

Hukum dan Kriminalitas knalpot brong razia polresta banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni