Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Ratusan Personel Gabungan Banyuwangi Siap Jamin Keamanan dan Kenyamanan Mudik Lebaran 2024

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Apr - 2024, 14:34

Placeholder
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024 di Mapolresta Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES - Ratusan personel gabungan di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) dikerahkan untuk menjamin keamanan kenyamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

Total jumlah personel yang diterjunkan dalam kegiatan pengamanan lebaran tercatat 445 petugas yang terdiri dari; 200 personel Polri, 150 TNI, dan sisanya dari dinas/ instansi serta stakeholder terkait.

Baca Juga : Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

Tim gabungan pengamanan lebaran tersebut dilepas dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024 di Mapolresta Banyuwangi, pada Rabu (3/4/2024).

“Para personel mulai ditempatkan pada 4 April besok hingga 16 April mendatang di pos masing-masing,” ujar Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Dewa Putu Darmawan.

Menurut dia kesiapan personel dan sarana prasana pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di kabupaten yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini telah sepenuhnya matang.

Dia menuturkan Polresta Banyuwangi bersama dinas/instansi terkait sudah menyiapkan 10 pos pengamanan (Pospam) yang tersebar mulai pintu masuk dari arah Kabupaten Situbondo di Kecamatan  Wongsorejo hingga dari Jember di Kecamatan  Kalibaru.

“Dari 10 pos yang kami dirikan, terdiri dari 7 pos pengamanan, 2 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu yang ada di ASDP Ketapang,” imbuh AKBP Dewa.

Selain menyiapkan personel dan peralatan, pihak kepolisian juga telah memetakan daerah yang potensi menjadi titik rawan kemacetan maupun bencana alam yang dimungkinkan terjadi selama masa mudik lebaran tahun ini.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Menurut AKBP Dewa untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan arus lalu lintas di kawasan Pelabuhan Ketapang akibat meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas aparat kepolisian sudah menyiapkan skenario pengaturan rekayasa lalu lintas.

Selanjutnya apabila terjadi penumpukan kendaraan yang ada di kantong parkir pelabuhan, polisi juga sudah menyiapkan buffer zone atau zona penyangga bagi pengendara.

Zona penyangga disiapkan mulai dari Bangsring, Terminal Sritanjung, dan lapangan yang ada di kawasan pelabuhan Tanjungwangi.

“Kalau rawan bencana ada di Gumitir, meski bukan wilayah kita. Personel kami juga siap diperbantukan jika terjadi bencana hidrometeorologi, seperti pohon tumbang,” tegasnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Pengamanan Lebaran lebaran idul fitri banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni