Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Arus Bawah Ramai-Ramai Dukung Camat Ini Maju di Pilkada Tulungagung

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

02 - Apr - 2024, 19:29

Placeholder
Camat Tulungagung Kota Hari Prastijo (Foto : Istimewa for Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Batal nyaleg, seorang camat di Tulungagung, Hari Prastijo (54) atau akrab disapa Yoyok, justru didorong berbagai pihak untuk running di pilkada 2024 ini. Camat Tulungagung Kota itu didorong maju oleh arus bawah, karena selama memimpin beberapa kecamatan, banyak menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di masyarakat.

Salah satu yang dilakukan Camat Yoyok di Kalidawir, Kedungwaru  dan Tulungagung Kota adalah meningkatkan urusan kesejahteraan dan kesehatan. Baginya, program pemerintah yang sudah baik ini akan semakin bagus lagi jika pemerintah daerah semakin berinovasi dalam berbagai hal untuk meningkatkan kesejahteraan dan layanan kesehatan.

Baca Juga : Pengguna Jaringan Internet saat Lebaran Diprediksi Naik, Dua Provider Siap Tingkatkan Layanan

"Tentu saja, menjadi camat di beberapa wilayah membuat saya tahu dan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat," ucapnya.

Bagi Yoyok, peningkatan kesejahteraan masyarakat perlu dilakukan dengan memercayakan pada pemerintah desa untuk mendata warga miskin dengan benar.

"Artinya, pemerintah desa ini diberi kewenangan menentukan penerima dan menyalurkan segala bentuk bantuan sosial dengan data yang tiap saat di update. Pemerintah daerah melakukan monitoring atau pengawasan," imbuhnya.

Desa, menurut Yoyok, merupakan ujung tombak pembangunan nasional dan kepala desa dan lurah adalah pelaksana yang harus dihargai ketika mengusulkan program yang berorientasi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Jiwa nasionalis yang dimiliki memanggil nurani Yoyok untuk berbuat lebih besar lagi untuk tanah kelahirannya: Tulungagung. 

"Saya ingin berbuat dan mengabdi lebih besar lagi di Tulungagung. Untuk itu, menjadi kepala atau wakilnya adalah cara yang rasional saat ini," ujarnya. 

Bacaleg PDIP yang urung menjadi calon legislatif ini menegaskan, pilihan politik yang prioritas untuk mendapat tiket oilkada adalah rekomendasi partai.  "Jika saya maju, prioritas utama restu atau rekom dari PDIP," ungkapnya.

Di Kabupaten Tulungagung, PDIP adalah partai pemenang di beberapa gelaran pemilu. 

Saat ini, Hari Prastijo terus menjalin komunikasi dengan rekan sejawat sesama camat untuk memetakan dukungan awal. Selain itu, camat yang dikenal rajin blusukan ini juga terus konsolidasi dengan kepala desa dan lurah di hampir seluruh wilayah Kecamatan yang ada di Tulungagung. 

Baca Juga : Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Unjuk Kemampuan dalam Lomba Menyanyi dan Lomba Melukis

"Mereka kan teman, sebagaimana keluarga tentu saja kita ajak ngomong, minta masukan dan dengan siapa saya berpasangan," bebernya. 

Dari hasil komunikasi yang dilakukan, Yoyok mengaku mendapatkan masukan yang terbanyak bahwa rata-rata ingin dipimpin oleh bupati dari kalangan kepala desa. Meski ia camat yang biasa memimpin kades dan lurah, Yoyok mengaku tidak keberatan jika posisinya menjadi bakal calon wakil bupati (wabup). 

"Tidak masalah seandainya bupatinya dari figur kepala desa. Saya mendampingi menjadi wakilnya," bebernya. 

Lalu siapa kepala desa yang kemungkinan besar akan didampingi Hari Prastijo? Dia mengaku telah menjalin komunikasi yang intensif dengan Imam Sopingi, kades Pucung Lor, Kecamatan Ngantru  dan Didik Girnoto Yekti (DGY), kades Tunggulsari, Kecamatan Kedungwaru. 

"Terus terang, yang cocok menjadi bupati Mbah Pucung (Imam Sopingi), Insya Allah saya siap menjadi wakilnya," tandasnya.

Meski demikian, Yoyok akan menghormati proses demokrasi yang berjalan hingga mendapat kepastian tiket untuk ikut dalam kontestasi Pilkada Tulungagung 2024, mendatang.


Topik

Politik Pilkada Tulungagung 2024 camat didorong maju pilkada Tulungagung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy