Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Unjuk Kemampuan dalam Lomba Menyanyi dan Lomba Melukis

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

02 - Apr - 2024, 19:16

Placeholder
Anak autis dan siswa SLB mengikuti lomba melukis topi, melukis ring sampah, dan menyanyi pada peringatan hari peduli autis sedunia di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani Kota Batu, Selasa (2/4/2024). (Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ratusan anak berkebutuhan khusus mengikuti beragam lomba di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Selasa (2/4/2024). Mereka merayakan Hari Peduli Autisme Sedunia pada 2 April 2024. 

Kegiatan yabg diselenggarakan oleh Junior Chamber International (JCI) itu diikuti belasan anak dari Malang Autism Center dan puluhan siswa sekolah luar biasa (SLB).

Baca Juga : Bunda Duafa Comeback, Penuhi Kebutuhan Lebaran Ribuan Anak Yatim di Jember

"Kami berpartisipasi dalam rangka Hari Peduli Autisme Sedunia yang memang diselenggarakan JCI bekerja sama dengan PKK di Kota Batu. Ini sebagai aplikasi atau kelanjutan workshop 27 Februari sampai 5 Maret," kata Ricky Susanto selaku founder salah satu Wouww.com yang merupakan sponsor utama kegiatan, Selasa (2/4/2024).

Penyelenggaraan ruang ingklusi yang memfasilitasi anak autis dan yabg berkebutuhan khusus lain diharapkannya bisa lebih meluas. Workshop yang sebelumnya dilakukan merupakan upaya untuk menjaga semangat anak autis tetap bisa hidup dengan berguna bagi yang lain.

"Kegiatan workshop sampai dengan lomba sebagai upaya agar anak anak tidak hanya mandiri secara sosial tapi juga mandiri secara ekonomi. Hasil karyanya bisa dinikmati dan dinilai orang lain," jelasnya.

Total anak autis yang dilibatkan dari Malang Autism Center ada 12 anak. Sisanya merupakan siswa SLB di berbagai daerah Malang Raya. Jumlahnya sekitar 100 anak. Rencananya ke depan kegiatan serupa akan diadakan dengan cakupan lebih luas.

"Mau diadakan untuk Surabaya dan Jatim. Mungkin akhir Mei atau awal Juni nanti," sebut Ricky.

Beberapa ajang yang diikuti anak-anak berkebutuhan khusus itu di antaranya lomba melukis tong sampah, lomba lukis topi, dan lomba mengecat panel lukis. Beberapa karya yang sebelumnya dibuat anak-anak autis juga dipamerkan di sudut ruang Graha Pancasila Balai Kota Among Tani.

Sementara untuk hasil lomba sejenis dengan karya terbaik, akan segera dilakukan lelang demi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada anak autis yang menjadi juara lomba. Sekitar 35 tong sampah yang disediakan untuk dilukis dan sekitar 50 topi dalam kegiatan ini.

Baca Juga : Sambut Arus Mudik Lebaran, Bupati Rini Syarifah Bersama PT. KAI dan Dishub Jatim Resmikan Palang Pintu dan Pos Jaga KA di Kabupaten Blitar

"Sekarang belum jual, mungkin kegiatan Mei kita akan adakan lelang bagi donatur atau siapa pun yang tergerak membeli karyanya," kata dia.

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Plt Ketua Dekranasda Kota Batu Dwi Mardiana Susilawati Aries Agung Paewai menanggapi positif ruang inklusif yang diadakan. Anak autis baginya layak mendapatkan haknyang sama termasuk berkarya, berguna bagi orang lain dan mendapatkan apresiasi.

"Ini pertama kalinya untuk peringatan Hari Peduli Autis di Kota Batu. Harapannya Kota Batu bukan hanya kota ramah anak, tapi juga ramah anak autis. Dengan apresiasi dalam kegiatan seperti ini semua orang tua yang memiliki anak autis akan menjadi bangga ketika anaknya bertalenta seperti saat ini melukis, menyanyi, menari," kata Dwi Mardiana.

Para orang tua juga harus sadar untuk mendukung talenta anak autis dan terus membimbing kedepannya agar menjadi anak yang berguna bagi nusa, bangsa dan keluarga. "Harus ada yang mengarahkan supaya cita-cita mereka, seperti apa kedepannya yang mereka inginkan mampu diantarkan menjadi orang yang berguna. Itu tigas kita sebagai orang tua," ungkapnya.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Hari Peduli Autis Kota Batu lomba untuk anak autis



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy