Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Selain Buka Penitipan Barang, Polisi di Tulungagung Bagikan Tips Mudik

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

02 - Apr - 2024, 19:15

Placeholder
Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi memimpin apel kesiapan pasukan di depan pemkab. (Foto : Dokpol for Tulungagung)

JATIMTIMES - Polres Tulungagung berbagi tips mudik yang aman dan nyaman jelang Lebaran. 

Seperti diketahui, Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024 akan tiba dalam waktu 1 pekan mendatang. 

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Lebaran identik dengan libur panjang. Momen tersebut dimanfaatkan hampir seluruh masyarakat Indonesia untuk mudik  ke kampung halaman bertemu dengan keluarga, dan sanak saudara.

Puncak arus mudik diperkirakan pada 5-8 April 2024, dan arus balik diperkirakan terjadi pada 13-16 April 2024.

Untuk mudik aman dan nyaman, Polres Tulungagung telah memfasilitasi warga dengan membuka layanan penitipan kendaraan atau barang berharga saat ditinggal mudik.

"Layanan ini gratis dan hanya dengan syarat membawa surat kepemilikan barang yang dititipkan," kata Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi melalui Iptu Mujiatno, kasi humas. 

Penitipan barang berharga ini diperuntukkan bagi masyarakat dan dapat menghubungi kantor polisi terdekat di wilayah Kabupaten Tulungagung.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik jauh untuk tidak mudik menggunakan kendaraan roda dua. Manfaatkan angkutan umum untuk yang akan mudik jarak jauh melebihi 80 kilometer," ujarnya, Senin (2/4/2024).

Ia juga mengatakan bagi warga masyarakat yang terpaksa menggunakan kendaraan roda dua maka harus memperhatikan keamanan dan kelengkapan berkendara.

"Dihimbau tidak membawa beban melebihi batas. Dan untuk roda dua, selain kelengkapan surat-surat kendaraan dan memakai helm, juga tidak boleh boncengan lebih dari tiga orang," terangnya. 

Baca Juga : Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek usai Dipakai Mudik, Jangan Langsung Dibawa Pergi Lagi

Dihimbau juga untuk seluruh masyarakat yang akan melakukan mudik, lakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan.  "Pastikan kendaraan yang digunakan layak dan aman," ucapnya.

Polres Tulungagung juga akan mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan di beberapa titik. 

Selain itu, tips saat melakukan mudik antara lain dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan  mengomsumsi makanan bergizi. 

"Istirahat sejenak setelah empat jam berkendara, menjaga stamina tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur serta istirahat yang cukup," tambah kapolres.

Untuk menghindari polusi dan virus, diimbau kepada pengendara roda dua untuk menggunakan masker, menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan tidak ketat.


Topik

Peristiwa Tips mudik mudik aman Tulungagung Kapolres Tulungagung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy