Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Arus Mudik Lebaran Dimulai, Masinis dan Kru Kereta Api di Stasiun Blitar Jalani Tes Urine

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

02 - Apr - 2024, 18:59

Placeholder
Perjalanan dengan kereta api. (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Sejumlah masinis dan kru kereta api menjalani tes urine di Stasiun Blitar pada Selasa (2/4/2024) untuk memastikan keamanan perjalanan selama masa angkutan Lebaran 2024. Tes urine yang dilakukan merupakan hasil kerja sama antara Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Menurut Sub-Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Blitar M. Yusuf Eko Hariyanto, sebanyak 30 orang menjadi target pemeriksaan tes urine di Stasiun Blitar. Para sasaran tes ini mencakup masinis, sekuriti, dan kru kereta api yang berdinas di stasiun tersebut.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

"Hasil tes urine menunjukkan bahwa semua masinis dan kru kereta api yang telah menjalani tes tersebut dinyatakan negatif terhadap penggunaan narkoba," ujarnya dengan lega.

Tes urine yang rutin dilakukan menjelang masa angkutan Lebaran serta libur Natal dan Tahun Baru merupakan bagian dari persiapan penting dalam memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan publik. Yusuf menegaskan bahwa pemeriksaan ini tidak hanya dilakukan di Stasiun Blitar, tetapi juga akan dilaksanakan di Terminal Kesamben dan Terminal Tipe A Patria Blitar untuk awak bus.

"Kami telah melaksanakan tes urine serupa kepada masinis dan kru kereta api di Stasiun Blitar dan awak bus di terminal menjelang libur Natal dan Tahun Baru sebelumnya," tambahnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Kuswardojo menjelaskan pentingnya pemeriksaan tes urine ini dalam konteks keselamatan perjalanan. Menurut dia, tes bebas narkoba ini dilakukan untuk memastikan bahwa para petugas yang bertugas dalam pengoperasian kereta api dan bus berada dalam kondisi sehat dan tidak terpengaruh oleh obat-obatan terlarang atau narkotika.

Baca Juga : Bikin Nyaman Pengunjung, Jasa Yasa Segera Bangun 20 Toilet Mewah di Balekambang dan Ngliyep

"Kami memiliki tanggung jawab besar terhadap keselamatan dan keamanan penumpang. Dengan hasil tes urine yang negatif, kami dapat memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa perjalanan mereka akan berlangsung dengan aman," ucapnya.

Diharapkan, dengan adanya pemeriksaan ini, keselamatan seluruh penumpang yang akan menggunakan layanan transportasi umum saat angkutan Lebaran 2024 dapat terjamin. Selain itu, langkah ini  merupakan upaya preventif dalam mencegah dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba dalam pengoperasian transportasi publik.


Topik

Transportasi Tes urine kru kereta api Blitar angkutan Lebaran mudik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy