Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Waspada, Modus Baru Penipuan Salah Transfer Berujung Pinjol 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

02 - Apr - 2024, 14:29

Placeholder
Ilustrasi penipuan modus baru pinjaman online dengam cara salah transfer. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Belakangan ini sosial media dihebohkan dengan adanya modus baru penipuan salah transfer hingga berujung pinjaman online (pinjol). Modus baru itu diceritakan oleh akun TikTok @erinz_star dan viral di sosial media. 

Dalam narasi yang dibagikan akun tersebut, anaknya tiba-tiba menerima uang ke rekening bank sebanyak Rp 20 juta. Namun anaknya bingung lantaran seluruh anggota keluarga tidak ada yang mengirimkan uang. 

Baca Juga : Terdakwa Kasus Korupsi Puskesmas Bumiaji Kota Batu Ajukan Eksepsi

"Jadi dianggap pasti ada orang yg salah transfer. Ditunggu saja. Besoknya benar ada seseorang (PENIPU) yg telepon : Minta maaf karena sdh merepotkan & minta tolong kembalikan uangnya," demikian narasi yang disampaikan akun tersebut. 

Lantas sang anak pun menyampaikan jika uang tersebut akan ditransfer keesokan harinya, karena harus datang ke bank. 

"Anak saya bilang : besok ya, saya harus ke bank utk mengembalikan uang anda. Besoknya anak saya datang ke Bank & minta Petugas Bank utk proses pengembalian uang yg Rp.20 juta," jelasnya. 

Saat ke bank, anak pemilik akun tersebut ditanya oleh petugas bank soal tujuan transfer Rp 20 juta tersebut. Sang anak pun menjawab jika tujuan transfer bukan keluarga, namun orang yang mengaku salah transfer. 

"Petugas Bank tanya : Apakah tujuan transfer itu adalah keluarga anda? Anak saya jawab: Bukan, ini ada orang yg salah transfer ke saya," ujarnya. 

Lantas seketika petugas bank menghentikan proses transaksi. Dan memeriksa ulang asal uang masuk ke rekening bank anak tersebut. 

"Petugas Bank bilang : Ini bukan salah transfer. Anak saya bingung, rasanya tidak pernah punya uang sebanyak itu. Petugas Bank menjelaskan : Uang itu di transfer dari Pinjaman Online," ujarnya. 

Baca Juga : 2 April, Wilayah Jatim Masih Berpotensi Alami Hujan Lebat yang Tidak Merata 

"Apakah anda baru transaksi dgn Pinjol ? Anak saya bilang tidak pernah. Petugas Bank bilang : Ini adalah Penipuan Baru lagi. Penipu mencuri data Anda & digunakan utk transaksi Pinjol," imbuhnya. 

Menurut keterangan petugas bank yang ditemu anak tersebut, jika uang itu kembali ditransfer, maka penipu yang akan mendapatkan uang. Sementara anak pemilik akun harus bayar utang itu ke pinjol. 

"Kalau Anda transfer uang itu ke Penipu, mereka yg dapat uang & Anda yg harus membayar hutang ke Pinjol. Jadi hati2 ya, akal busuk pencuri banyak sekaii," pungkasnya. 

Sontak unggahan itu pun menuai beragam respons dari warganet. 

"Buat yg nanya solusi : ke bank. Atau cek mutasi dan cek nama pengirim. Biasanya an perusahaan. Trus cr no atau email pinjol it. Ceritain kejadian ny dan mau kembalikan. Setelah tf balik. Minta surat lunas. Dan minta dihapuskan data kalian. KI ga direspon. Lapor ojk," @Alkaf****. 


Topik

Peristiwa penipuan modus penipuan pinjol salah transfer



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana