Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung, Ini Penjelasan Dosen FKIK UIN Maliki Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

02 - Apr - 2024, 14:10

Placeholder
dr Ermin Rachmawati M Biomed, dosen dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maliki Malang (ist)

JATIMTIMES - Selain menjadi sebuah ibadah, puasa ternyata juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah menyehatkan jantung. Hal ini disampaikan dr Ermin Rachmawati M Biomed, dosen dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang.

Dijelaskannya, bahwa dengan berpuasa Ramadhan, memang memiliki hikmah atau manfaat tersendiri bagi kebugaran tubuh, utamanya jantung. 

1

"Dengan kita memanfaatkan puasa Ramadhan dengan baik, ternyata merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran tubuh kita, dan ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular," jelasnya dalam sebuah podcast.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Puasa Ramadhan dapat menjadi guide line dalam pola makan, pola tidur ataupun gaya hidup yang baik. Puasa Ramadhan selaras dengan intermittent fasting. Intermittent fasting adalah metode diet yang dilakukan dengan mengatur waktu konsumsi makanan selama kurun waktu tertentu.

"Sudah banyak penelitian tentang intermittent fasting memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dari banyak faktor," jelasnya.

Dengan berpuasa, dapat memperbaiki profil lemak, dimana lemak terdiri dari beberapa jenis, seperti Kolesterol Total, Low Density Lipoprotein (LDL) yang merupakan salah satu jenis kolesterol.

Kemudian, Trigliserida yang merupakan jenis lemak yang berbeda dengan kolesterol dan High Density Lipoprotein (HDL) yang berfungsi untuk membersihkan kelebihan kolesterol yang berbahaya didalam darah dan membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

Intermittent fasting mempunyai banyak model. Namun, intermottent fasting versi umat islam dalam bentuk Puasa Ramadhan memiliki kelebihan tersendiri, yang mungkin tidak dimiliki intermottent fasting lain. 

"Nanti dibahas lebih lanjut, tapi dia bisa memperbaiki profil gula darah," katanya.

Baca Juga : Pemkab Malang Terapkan Biosecurity Guna Antisipasi PMK hingga LSD

Selain itu, intermottent fasting ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan daoat merecovery hormonal jika dilakukan sesuai dengan prasyarat yang ada dalam Islam.

"Jadi sahur dulu, berbuka dengan yang manis dulu, tidur sesuai porsinya dan kemudian bangun sahur lagi," paparnya.

Selain itu, dalam bentuk aktivitas fisik di Bulan Ramadhan tentunya diisi dengan salat wajib maupun salat Tarawih. Salat Tarawih merupakan kegiatan fisik yang berkelanjutan, dimana dengan waktu sekitar 30 menit dan masuk dalam kegiatan intensitas ringan.

"Meski begitu memiliki dampak pada kesehatan tubuh,"ujarnya.

Terkait stres yang dialami, maka di bulan Ramadhan adalah bagaimana umat Islam memakainya dengan pasrah kepada Allah SWT.  Maka dengan itu mental health akan dapat terjaga sehingga dapat berpengaruh pada kadar kebugaran.


Topik

Kesehatan manfaat puasa uin maliki malang puasa penyakit jantung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana