Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Unik! Para Pemuda di Bangkalan Dapat Saweran Saat Bangunkan Orang Sahur

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

02 - Apr - 2024, 12:48

Placeholder
Momen para pemuda di Bangkalan mendapat saweran uang dari warga saat bangunkan sahur. (Foto screenshot IG)

JATIMTIMES - Ramadan merupakan bulan penuh keberkahan dan kebersamaan. Salah satunya tradisi unik membangunkan sahur yang dilakukan oleh sekelompok pemuda di Kelurahan Mlajah Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur.

Para pemuda yang membawa berbagai tabuhan dan berkeliling kampung sambil bernyanyi untuk membangunkan warga sahur.

Baca Juga : 2 April, Wilayah Jatim Masih Berpotensi Alami Hujan Lebat yang Tidak Merata 

Jika biasanya para pemuda yang membangunkan sahur mendapat omelan, berbeda dengan nasib para pemuda di Mlajeh tersebut.

Mereka justru mendapat saweran berupa yang sebesar Rp 50 ribu rupiah dari salah satu warga.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @wecarebangkalanmadura, terlihat para pemuda yang tengah mengambil uang Ro 50 ribu yang diberikan oleh seorang pria paruh baya.

Salah satu kelompok pemuda tersebut, Septio mengatakan jika aksi membangunkan warga sahur tersebut bertujuan untuk mengingatkan para warga bahwa waktu sahur telah tiba.

“Jadi tujuanya untuk membangunkan sahur warga, alhamdulillah warga enggak keganggu malah ngedukung dan seneng," katanya dikutip dari wecarebangkalanmadura, pihaknya telah mengizinkan JatimTIMES untuk mengutip.

Lebih lanjut Septio mengatakan, kegiatan membangunkan para warga untuk sahur itu telah dilakukan setiap Ramadan dan sudah menjadi tradisi yang tidak dipisahkan dari warga dan pemuda di kelurahan Mlajah dan Kemayoran.

"Jadi ini sudah berjalan beberapa tahun, sudah menjadi tradisi setiap tahun. Jadi uangnya langsung dibelikan makan sahur," tandasnya.

Baca Juga : Senangnya Masyarakat di Tulungagung, jelang Lebaran Jalan-Jalan Rusak Diperbaiki

Sementara itu, Warga Mlajah, Rizky Aminullah atau pemilik akun Instagram @chakel79 menilai jika apa yang dilakukan para pemuda tersebut sangat positif karena membantu masyarakat yang menjalankan waktu sahur.

" Jadi ini rutinitas setiap tahun, jadi enggak keganggu, malah seru ya. Jadi kalau kaya sangat membantu agar warga tidak kesiangan bangunnya," ucapnya.

Video para pemuda yang disawer saat membangunkan orang sahur itu pun viral. Netizenpun membanjiri doa dikolom komentar video tersebut.

“smg lancar rejekinya buat yg nyawer,” doa akun @bes***.

“Lancar terus rejekinya abaa,” timpal akun @suci***.


Topik

Peristiwa sahur ramadan saweran berita viral



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana