Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Satlantas Polres Blitar Kota Siapkan Strategi Antisipasi Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2024

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

02 - Apr - 2024, 10:36

Placeholder
Pertigaan Tugurante, salah satu titik rawan macet di wilayah hukum Polres Blitar Kota.(Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Satlantas Polres Blitar Kota telah menyiapkan strategi antisipasi untuk mengatasi kemacetan yang mungkin terjadi saat mudik Lebaran tahun ini. Sejumlah titik rawan macet telah dipetakan, termasuk Simpang Empat Pakunden di Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP M Taufik Nabila, menjelaskan bahwa pemetaan titik rawan macet didasarkan pada evaluasi lalu lintas selama mudik Lebaran tahun sebelumnya. "Dari pengalaman sebelumnya memang ada dua titik yang rawan terjadi macet. Ini salah satunya di simpang empat Pakunden, Kota Blitar," ujarnya kepada awak media, Senin (1/4/2024). 

Baca Juga : Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

Menurut Taufik, ada tiga titik rawan macet utama yang telah diidentifikasi untuk tahun ini, yaitu simpang empat Pakunden, simpang tiga Tugurante di perbatasan Kecamatan Ponggok dengan Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, dan simpang empat 511 di Kecamatan Sanawetan Kota Blitar.

Pihak Satlantas Polres Blitar Kota telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk mengurai kemacetan yang mungkin terjadi. Salah satunya adalah dengan menerapkan rekayasa lalu lintas di titik-titik rawan tersebut.

"Kami akan memasang barikade untuk mengatur arus kendaraan di simpang empat Pakunden. Pengendara dari arah timur dan selatan tidak bisa langsung belok ke utara, begitu pula sebaliknya," jelas Taufik.

Langkah serupa juga akan dilakukan di simpang tiga Tugurante, dengan memasang barrier hingga di depan SPBU di Bendo, Ponggok.

 "Pengendara dari arah barat akan diarahkan ke utara untuk memutar di SPBU yang cukup luas," tambahnya.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Sedangkan untuk simpang empat 511 di Sananwetan, rekayasa lalu lintas akan serupa dengan yang dilakukan di simpang empat Pakunden.

Selain itu, pihak Satlantas Polres Blitar Kota juga akan menyediakan pos pelayanan dan pos pengamanan. Pos pelayanan utama akan didirikan di depan Alun-Alun Kota Blitar, sementara pos pengamanan akan tersebar di beberapa titik strategis, termasuk di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar, jalur lintasan di Kecamatan Srengat, dan perbatasan Kecamatan Nglegok.

"Pospam dan posyan tetap kami sediakan untuk memantau arus lalu lintas mudik Lebaran di Kota Blitar. Kami mengimbau agar selalu memperhatikan keselamatan saat berkendara, sehingga pemudik bisa sampai di tujuan dengan selamat," tutup Taufik.


Topik

Peristiwa Polres Blitar kita kota Blitar Taufik nabila



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya