Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Apa Arti Lanyard Bunga Matahari? Tali yang Bisa Membuat Orang Diperlakukan Secara Khusus di Bandara

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

02 - Apr - 2024, 10:25

Placeholder
Lanyard bunga matahari untuk penyandang disabilitas. (Foto screenshot TT @dr Al Reno)

JATIMTIMES - Saat di Bandara, kita pasti kerap menjumpai orang menggunakan Lanyard Bunga Matahari mendapat pelayanan khusus dari para petugas di Bandara.

Mereka kerap dibantu mulai masuk bandara bahkan sampai masuk ke dalam pesawat. Intinya, pengguna lanyard bunga matahari ini sering kali mendapat perlakuan istimewa dari para petugas. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Foundation Favorit Para MUA, Makeup Tahan Lama Seharian di Hari Lebaran

Mungkin sebagian orang tidak tahu dan bahkan bertanya-tanya mengenai maksud dari tali tersebut. Oleh karena itu, artikel kali ini akan menjelaskan maksud dari penggunaan layard bunga matahari itu.

Apa itu Lanyard Bunga Matahari?
 

Dilansir dari disabilityhorizons.com dan akun Tiktok @dr Al Reno, Sunflower lanyard atau tali bunga matahari adalah inisiatif yang dirancang untuk memberi tanda bahwa seseorang memiliki disabilitas tersembunyi. 

Benda ini bentuknya seperti tali untuk kartu nama, namun tali tersebut berwarna hijau tua dengan gambar bunga matahari di sepanjang tali. Orang yang mengenakan tali ini berarti membutuhkan bantuan tambahan saat berada di tempat umum.

Benda ini pertama kali di luncurkan pada tahun 2016 oleh Bandara Gatwick, Inggris. Hingga saat ini, lebih dari 10.000 tali telah dikumpulkan.

Pada 2019, sunflower lanyard berhasil diperkenalkan ke beberapa bandara utama Inggris, supermarket, stasiun kereta api, dan tempat-tempat olahraga. Penggunaannya semakin meluas ke tempat umum lain seperti bioskop.

Kriteria Pengguna dan Cara Kerjanya

Baca Juga : Debt Collector Meresahkan, Begini Penjelasan Pakar tentang Kewenangannya dalam Penagihan

Meskipun dibuat khusus untuk penyandang disabilitas, namun tidak semua orang bisa menggunakan tali ini. Ada beberapa kriteria disabilitas tersembunyi yang menjadi syarat seseorang dapat mengenakan ini.

Jenis disabilitas tersembunyi yang memenuhi syarat untuk sunflower lanyard meliputi autisme, asperger, disabilitas belajar, demensia, arthritis, penyakit kronis, tuli, dan gangguan penglihatan.  

“Jika Anda mengenakan lanyard, staf dapat menawarkan Anda bantuan tetapi mereka tidak akan tahu jenis disabilitas dan kebutuhan individu Anda. Biarkan mereka tahu apa yang bisa mereka lakukan,” tulis disabilityhorizons.com.

Dukungan yang dapat diberikan dengan lanyard yaitu memiliki waktu lebih di kasir, bantuan mengepak tas, dan bantuan mengambil barang yang sulit dijangkau. Dengan mengenakan benda ini, orang lain akan sadar bahwa pengguna sedang berjuang atau memiliki masalah perilaku. Mereka akan maklum dan tidak menghakimi.


Topik

Serba Serbi Bunga matahari lanyard bunga matahari hak istimewa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya