Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Mengenal sejarah Hari Peduli Autisme Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 2 April

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

02 - Apr - 2024, 09:45

Placeholder
Ilustrasi autisme. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Setiap tanggal 2 April, ada peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia atau biasa disebut (World Autism Awareness Day).

Peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia merupakan aksi nyata dalam menghormati dan meningkatkan kepedulian terhadap individu autisme di seluruh dunia. Memberikan ruang bagi penyandang autisme untuk memperlihatkan eksistensinya dan lebih memperhatikan hak-haknya.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tunik Kemeja Wanita: Pilihan Santai untuk Dipakai Hari Raya Ke-2

Dikutip dari laman National Today, United Nations dan Irish Society for Autism, inilah penjelasan Hari Peduli Autisme Sedunia dari Sejarah Hingga Cara Berpartisipasi di tanggal 2 April 2024.

Tema Hari Peduli Autisme 2024

Hari Peduli Autisme Sedunia tahun ini jatuh pada hari Selasa, 2 April 2024. Sesuai dengan informasi dari situs United Nations, tema Hari Peduli Autisme Sedunia 2024 adalah "Moving from Surviving to Thriving: Autistic Individuals Share Regional Perspectives".

Hari Peduli Autisme Sedunia Tahun 2024 akan memberikan pemahaman global yang lebih luas tentang kondisi autisme, dipandang dari perspektif langsung para penyandang autisme. Peringatan ini akan diselenggarakan dengan mengadakan acara yang melibatkan panelis yang semuanya adalah penyandang autisme dengan latar belakang yang beragam.

Para panelis tersebut wewakili enam wilayah besar: Afrika, Asia dan Pasifik, Eropa, Amerika Latin dan Karibia, Amerika Utara, serta Oseania. Para pembicara akan berbagi pandangan mereka mengenai situasi di wilayah masing-masing, dan juga menyoroti pentingnya implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk mendukung perkembangan para penyandang autisme.

Acara ini diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi Global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama Institute of Neurodiversity (ION). ION adalah organisasi global yang beranggotakan berbagai kelompok neuro minoritas, yang didirikan dan dipimpin oleh mayoritas anggota dari kelompok tersebut, dan dijalankan oleh sukarelawan yang berbasis di Swiss.

Sejarah Hari Peduli Autisme

Baca Juga : Momen Lebaran Mau Berlibur ke Bromo? Catat Jadwalnya Agar Tak Kecele

Kata "autisme" dikemukakan pertama kali oleh seorang psikiater bernama Eugen Bleuler pada tahun 1911. Dia menggunakan istilah itu untuk menggambarkan sekelompok gejala yang dianggap sebagai gejala sederhana skizofrenia yaitu penarikan diri sosial secara ekstrem.

Pada tahun 1944, Dokter Leo Kanner mengemukakan pernyataan bahwa autisme adalah gangguan sosial dan emosional dalam artikelnya yang berjudul "Autistic Disturbances of Affective Contact". Kemudian Hans Asperger melalui artikelnya yang berjudul "Autism Psychopathology menggambarkan autisme sebagai gangguan kesulitan anak dalam kemampuan sosial dan komunikasi.

Seiring dengan munculnya penyelidikan dan penelitian tersebut, lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Peduli Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day) pada tanggal 2 April di setiap tahunnya. Penetapan tersebut diadopsi pada tanggal 18 Desember 2007.

Penetapan tanggal ini bertujuan untuk mendorong negara-negara anggota dalam meningkatkan kesadaran tentang orang-orang dengan gangguan spektrum autisme dan mendukung cara-cara baru untuk meningkatkan inklusi.

Cara Merayakan Hari Peduli Autisme Sedunia


Topik

Serba Serbi Hari autisme peduli autis apa autis



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya