Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Momen Lebaran Mau Berlibur ke Bromo? Catat Jadwalnya Agar Tak Kecele

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

02 - Apr - 2024, 09:37

Placeholder
Gunung Bromo tampak dari kejauhan. (Foto: Instagram @endyiron)

JATIMTIMES - Jika kamu merencanakan hendak berlibur ke Bromo pada momen lebaran, pastikan untuk mencatat jadwal dibukanya akses wisata gunung berapi di Jawa Timur tersebut. 

Pasalnya, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) bakal menutup total akses wisata di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur untuk pembersihan kawasan.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Dalam keterangan resminya, Kepala Balai Besar TNBTS C. Hendro Widjanarko mengatakan bahwa penutupan kawasan Bromo tersebut dilakukan dua kali pada periode April 2024. Penutupan tersebut dilakukan dalam rangka pembersihan kawasan Gunung Bromo. 

Berikut ini jadwal penutupan kawasan Bromo pada momen lebaran 2024: 

● 4 April tutup mulai pukul 00.01 sampai dengan 5 April 2024 pukul 23.59

● 25 April 2024 pukul 00.01 sampai dengan 26 April 2024 pukul 23.59

Penutupan wisata kawasan Gunung Bromo tersebut, lanjutnya, tertuang pada surat Nomor : PG.3/T.8/BIDTEK/KSA.5.1/B/03/2024. Penutupan untuk pembersihan kawasan itu, merupakan kesepakatan dalam rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan.

"Penutupan berdasarkan kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi yang dilakukan pada 28 Maret 2024," katanya.

Ia menambahkan, penutupan akses wisata Gunung Bromo dari wilayah Kabupaten Probolinggo dilakukan dari pintu masuk Cemorolawang. Sementara dari arah Kabupaten Pasuruan, akses ditutup dari wilayah Dingklik.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

"Untuk pintu masuk dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, ditutup di wilayah Jemplang," katanya.

Sementara itu, kegiatan pembersihan kawasan Bromo tak hanya menerjunkan personel Balai Besar TNBTS, namun juga melibatkan mitra lain pengelola kawasan. Seperti masyarakat sekitar, paguyuban jip, pedagang kaki lima (PKL) dan lainnya.

Berdasarkan catatan Balai Besar TNBTS, jumlah kunjungan wisatawan di salah satu destinasi wisata utama di Jawa Timur tersebut sepanjang 2023 mencapai 368.507 orang, yang terbagi dari wisatawan nusantara dan mancanegara.

Rinciannya adalah 355.297 wisatawan nusantara dan sebanyak 13.210 orang merupakan wisatawan mancanegara. Dari kunjungan tersebut, wisatawan telah memberikan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp14,70 miliar.


Topik

Wisata Bromo wisata bromo gunung Bromo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya