Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Panen Prestasi, Mahasiswa Ma Chung Jejakkan Kaki ke Dunia Internasional  

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

01 - Apr - 2024, 20:49

Placeholder
Rizal Bing Garumal Indianata, mahasiswa Prodi Farmasi Ma Chung yang meraih penerima beasiswa short course dari Kedutaan Amerika Serikat (AS) melalui program The Study of the United States Institute for Student Leaders (SUSI) tahun 2024. (istimewa)

JATIMTIMES - Salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Universitas Ma Chung, Rizal Bing Garumal Indianata, menorehkan prestasi gemilang. Rizal  berhasil menjadi penerima beasiswa short course dari Kedutaan Amerika Serikat (AS) melalui program The Study of the United States Institute for Student Leaders (SUSI) tahun 2024.

Program ini memberikan kesempatan kepada Rizal untuk mengikuti pertukaran pelajar di University of Nevada, Reno (UNR), AS, selama satu bulan mulai 22 Juni hingga 25 Juli 2024 mendatang.

Baca Juga : Pemprov Jatim Resmi Launching Beasiswa Santri 2024, Total Kuota 820 Mahasiswa/Mahasantri

SUSI merupakan program short course bergengsi yang diselenggarakan oleh pemerintah AS untuk mahasiswa dari seluruh dunia. Kian menjadi istimewa karena diberikan langsung oleh kedutaan AS kepada universitas terpilih di dunia. 

Tema yang diangkat oleh program SUSI tahun ini adalah Student Leaders on Climate Change and the Environment, yang membahas  bagaimana pemimpin muda dapat menghadapi perubahan iklim dengan mengurangi dampak negatifnya.

Rizal mengaku pertama mengetahui program SUSI ini dari Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Ma Chung Dr apt Rollando SFarm MSc. Selain itu, informasi ia dapatkan dari Bagian Kerjasl Sama dan Urusan Internasional (BKUI) serta wakil rektor III bidang kemahasiswaan dan kerja sama.

Keberhasilan Rizal ini tidak ia dapatkan secara instan. Berbagai proses dan tahapan ia lakukan demi persiapan yang matang, mulai dari pembuatan esai hingga latihan wawancara untuk menjawab pertanyaan pewawancara dengan baik dan mengesankan. 

Rizal bersyukur karena selama menjalani proses tersebut, ia mendapat bimbingan dan pendampingan penuh dari Mustika Tarra ST MM selaku kepala BKUI, dan Wawan Eko Yulianto SS MA PhD selaku wakil rektor III bidang kemahasiswaan dan kerja sama.

Oleh karenanya, dengan kesempatan yang ia dapatkan ini, Rizal mendorong seluruh civitas akademika Universitas Ma Chung untuk turut berprestasi.  "Selagi ada kesempatan, silakan mencoba untuk apply, karena kesempatan tidak datang dua kali. Kesempatan hanya datang satu kali. Jangan terlalu berpikir panjang, terutama jika kesempatan tersebut dirasa cocok dengan kita," ungkapnya.

Oleh karena itu, dengan kesempatan ini, Rizal berharap dapat memperluas dan mendalami pengetahuannya dalam bidang lingkungan dan banyak bidang lainnya.  "Mungkin sebelumnya saya hanya tahu cara mengelola limbah agar tidak berdampak negatif pada lingkungan. Namun, saya berharap nanti saya dapat belajar lebih banyak dan memperoleh pengetahuan berharga dari para pemimpin muda yang juga akan berangkat ke AS," kata  Rizal. 

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Ma Chung, Dr apt Rollando SFarm MSc menyampaikan bahwa Rizal juga dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dan berprestasi. Rizal sering terlibat dalam kegiatan penelitian, kegiatan sukarelawan, dan penampilan seni Tari Topeng Malangan. 

Baca Juga : Safari Ramadan di Ponpes Al Aqobah 4 Jombang, Rektor Unisma Sampaikan Modal Penting Hadapi Era Globalisasi

"Rizal adalah mahasiswa berprestasi yang memiliki potensi besar untuk membawa Universitas Ma Chung pada kancah internasional. Semoga nanti akan semakin banyak prestasi internasional lainnya," ungkap Rollando. 

Sebelumnya, dua orang mahasiswa dan alumni Universitas Ma Chung juga membawa kabar yang bahagia. Mereka adalah Vania Ashanti Kilin (mahasiswa Program Studi Sastra Inggris) dan Zahratun Khaira (alumni Program Studi Farmasi). Mereka juga turut menjejakkan kakinya ke dunia internasional. 

Vania berhasil menjadi awardee beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024, mengalahkan lebih dari 1.000 mahasiswa berprestasi di Indonesia. Nantinya, Vania akan mengambil studi selama satu semester di National Taiwan University. 

Sementara itu, Zahratun berhasil menjadi penerima beasiswa S2 Khon Kaen University (KKU) Scholarship di Thailand. Dia terpilih sebagai satu-satunya awardee dari Indonesia yang berkesempatan untuk melanjutkan studinya di Faculty of Pharmaceutical Science, sekaligus merupakan satu-satunya awardee yang lulus di Program Studi Pharmaceutical Chemistry and Natural Products. 

Keberhasilan para mahasiswa dan alumni ini menjadi sebuah kebanggaan yang mengharumkan nama Universitas Ma Chung. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata sinergi dan kegigihan civitas akademika Universitas Ma Chung dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan. 

Dengan adanya prestasi ini, semoga kedepannya kian banyak kabar gembira dari para civitas akademika Universitas Ma Chung yang turut menjejakkan kakinya di dunia internasional. 


Topik

Pendidikan Universitas Ma Chung Malang prestasi mahasiswa Ma Chung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy