Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Masih Banyak Jalan Berlubang di Jalur Alternatif, DPUPR Kota Batu Pastikan Ditangani sebelum Mudik

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

01 - Apr - 2024, 20:32

Placeholder
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menandai jalan berlubang di Jalibar Kota Batu dalam peninjauan infrastruktur bersama DPUPR, Minggu (31/3/2024).

JATIMTIMES - Menjelang Lebaran, Kota Wisata Batu bersiap menghadapi musim mudik dan menerima kunjungan wisata selama libur Idul Fitri 1445 Hijriyah. Namun, di sejumlah titik jalan di jalur alternatif masih ditemukan kerusakan seperti lubang jalan.

Pemkot Batu utamanya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) memastikan segera melakukan penanganan kerusakan sebelum lebaran.

Baca Juga : Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek usai Dipakai Mudik, Jangan Langsung Dibawa Pergi Lagi

Kerusakan itu diketahui dalam pengecekan infrastruktur yang dilakukan Pemkot Batu selama Ramadan. Terbaru pengecekan dilakukan bersama Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di beberapa ruas jalan alternatif dan protokol, Minggu (31/3/2024). Dalam temuannya, jalan berlubang diberi tanda untuk peringatan dan segera dilakukan penanganan.

"Kami memastikan kondisi jalan nanti pebaran baik dan tidak ada yang berlubang, termasuk kelengkapan rambu-rambu lalu lintas," ujar Aries dalam keterangannya.

Dirincikan, beberapa jalan yang dilakukan peninjauan yakni di Desa Pandanrejo, Kelurahan Temas, Desa Torongrejo, Desa Mojorejo, Desa Pendem, Desa Junrejo, Desa Tlekung, Songgoriti Kelurahan Songgokerto, Desa Sidomulyo dan Desa Bulukerto. Selain kerusakan juga menyiapkan rangkaian skema alternatif mencegah kemacetan.

Lebih jauh, Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Batu Eko Setiawan mengatakan bahwa memang masih ditemukan sejumlah titik kerusakan jalan. Atau dalam hal ini mengalami lubang jalan akibat genangan air hujan dan beban jalan. Ia memberi gambaran, jika dari hasil penyisiran sejauh ini sudah 80-85 persen jalan dalam kondisi baik.

"Dari cek keseluruhan 80 persen dalam kondisi mantap. Memang masih ada dalam beberapa ruas mengalami kerusakan. Yang sebenarnya bukan lalu sudah ditangani tapi rusak lagi salah satunya karena air hujan," ucap Eko saat dikonfirmasi terpisah, Senin (1/4/2024).

Ia membenarkan bahwa sebulan lalu perbaikan yang dilakukan belum maksimal. Di antaranya penambalan darurat yang ternyata tidak mampu bertahan lama. Sehingga dari hasil penyisiran terbaru, pihaknya lebih memilih melakukan penanganan yang lebih tepat.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Pengharum Ruangan, Bikin Tamu Betah saat Silaturahmi Lebaran

"Kami pastikan nanti ketika sebelum Lebaran, jalan yang dilewati tersebut sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Batu dan wisatawan," tambahnya.

Beberapa lubang jalan yang ditemukan di antaranya seperti di Jalibar. Sebelumnya telah dilakukan penandaan sebagai peringatan. Termasuk dilakukan langsung oleh Pj wali kota Batu. Eko menyanggupi bahwa tugas penyisiran jalan rusak di jalur protokol dan alternatif terus dilakukan hingga menjelang Lebaran.

"Tim sudah mendeteksi beberapa kerusakan. Penyisiran kami memaksimalkan hingga hari kerja terakhir jelang Lebaran. Sehingga jalan rusak seluruhnya dapat tertangani. Kami juga melakukan pembersihan bahu jalan yang ditumbuhi rumput liar agar nantinya jalur juga dapat dilalui dengan lebih nyaman," imbuh dia.


Topik

Pemerintahan Jalan berlubang Pemkot Batu sambut mudik perbaikan jalan Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy

Pemerintahan

Artikel terkait di Pemerintahan