Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Janaiz dan Thaharah, Keterampilan yang Wajib Dimiliki Lulusan Smamda Sidoarjo

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Yunan Helmy

01 - Apr - 2024, 19:54

Placeholder
Para siswi SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo saat menjalankan praktelik Janaiz di sekolah, Senin (1/4).

JATIMTIMES - Ratusan siswi SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo mengikuti kegiatan rutin tahunan di bulan Ramadan 1445 H. 

Program sekolah yang diselenggarakan setiap tahun yakni Baitul Arqom dan kali ini di khususkan untuk siswa putri. Misalnya  kegiatan pengurusan jenazah (janaiz) serta tata cara thaharah yang tepat ini berlangsung selama 3 hari, dimulai 1-3 April 2024.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Arif Hanafi MSi menjelaskan salah satu lulusan Smamda Sidoarjo harus mampu lulus di Baitul Arqom. Jika tidak, siswi tersebut harus mengulang kembali di tahun berikutnya. 

"Jadi, keterampilan janaiz dan thaharah yang saat ini dilaksanakan oleh siswi adalah salah satu keterampilan wajib yang harus dimiliki dan ada tahapan - tahapan tes di dalamnya serta mempraktikkannya," ungkap Arif saat diwawancarai pada senin (1/4/2024). 

Arif menambahkan  perkaderan terkait kegiatan Baitul Arqom sifatnya berjenjang dan tema materinya berbeda, seperti minggu ini terkait janais dan thaharah. 

"Jadi, para siswi ini akan melewati masa pre test dan post test yang menentukan penilaian dari setiap guru pendamping serta menentukan akan lolos atau tidak. Bagi siswa yang lolos diharapkan bisa membantu masyarakat di sekitarnya saat lulus sekolah nanti, " Imbuhnya. 

Senada, Mariza Hadul Aslamiyah, salah satu instruktur dan guru Ismuba  mengaku sangat senang melihat lepiawaian anak-anak dalam mengikuti rangkaian kegiatan Baitul Arqom pada sore hari ini dengan dua fokus kegiatan yakni janaiz serta thaharah. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Foundation Favorit Para MUA, Makeup Tahan Lama Seharian di Hari Lebaran

“Kegiatan pengurusan jenazah (janaiz) yang sesuai tuntunan Al-Quran dan sunah Rasulullah. Di antaranya mensucikan dan memandikan jenazah, mengkafani serta mensalati jenazah. Sedangkan thaharah yakni tentang wudhu, tayamum serta tata cara mandi besar yang sesuai dengan syariat islam tentunya juga didukung dengan hadis,”  ungkap Arif. 

Adapun data siswi yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 180 siswi dan rata-rata mereka diduduk di kelas 2 SMA atau kelas 11.

"Output dari kegiatan ini adalah selain siswa semakin terampil, juga mengukur skill siswa selama mengikuti kegiatan serta praktek secara langsung. Tentunya harapan saya juga bisa anak-anak bisa bermanfaat untuk masyarakat kedepannya dan paham betul tentang budaya, kebiasaan atau agama di lingkungannya agar bisa menjadi kader penerus yang amanah tentunya," tutupnya. 


Topik

Pendidikan Keterampilan siswa Smamda Sidoarjo Sidoarjo janaiz thaharah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Yunan Helmy