Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Termasuk 190 Napi Korupsi, 16.608 Penghuni Lapas di Jatim Diusulkan Dapat Remisi Idul Fitri

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Yunan Helmy

01 - Apr - 2024, 19:09

Placeholder
Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono.

JATIMTIMES - Sebanyak 16.608 penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) yang beragama Islam di Jawa Timur (Jatim) diusulkan memperoleh remisi khusus  Idul Fitri 2024. Mereka merupakan warga binaan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jatim.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono menjelaskan, warga binaan yang diusulkan mayoritas masih harus menjalani sisa masa pidananya. Jika nanti disetujui oleh Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, diperkirakan ada sekitar 184 warga binaan yang bisa langsung bebas. 

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

"Warga binaan yang kami usulkan mayoritas merupakan pelaku tindak pidana khusus dengan 8.622 orang, terutama kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika," terang Heni, Senin (1/4/2024).

Rinciannya, warga binaan kasus narkotika memang mendominasi usulan remisi dengan jumlah 8.405 orang. Kemudian, terdapat narapidana atau napi korupsi yang juga diusulkan dapat remisi yakni sebanyak 190 orang.

Selain itu, ada 16 orang warga binaan kasus illegal logging dan empat warga binaan kasus terorisme. "Sedangkan untuk anak, ada 66 anak yang diusulkan mendapatkan remisi," jelas Heni.

Usulan ini belum bisa dijadikan acuan jumlah warga binaan yang akan mendapat remisi khusus Idul Fitri. Pasalnya, semua keputusan dan hasil final tergantung dari Ditjen Pemasyarakatan. "Hasil finalnya masih harus menunggu surat keputusan dari Dirjen Pemasyarakatan," kata Heni.

Pengurangan masa pidana ini merupakan bentuk penghargaan kepada warga binaan yang telah menunjukkan perubahan dengan berperilaku positif dan menjauhi pelanggaran selama menjalani masa pidana.

"Pengusulan remisi khusus Idul Fitri juga merupakan bentuk upaya pembinaan untuk mempersiapkan narapidana kembali ke masyarakat dengan baik," ujar Heni.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Pengharum Ruangan, Bikin Tamu Betah saat Silaturahmi Lebaran

Diharapkan, lanjut Heni,  pengusulan remisi ini dapat meningkatkan motivasi narapidana untuk mengikuti program pembinaan di lapas. Juga mempersiapkan narapidana kembali ke masyarakat dengan baik. 

"Selain itu, diharapkan dapat mengurangi beban lembaga pemasyarakatan yang mengalami overkapasitas hunian," terang Heni.

Hal tersebut mengingat jumlah warga binaan yang diusulkan mendapatkan remisi tahun ini sekitar 78 persen dari jumlah keseluruhan warga binaan yang berstatus sebagai narapidana. "Saat ini ada 27.099 warga binaan kami, 21.243 berstatus sebagai narapidana dan sisanya masih sebagai tahanan," urai Heni.

 


Topik

Hukum dan Kriminalitas Remisi napi remisi Idul Fitri Kemenkumham Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Yunan Helmy