Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Tingkatkan Kesadaran Gender Lewat Jurnalisme Responsif, Pemkab Blitar Beri Komitmen Keterbukaan Informasi Publik

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Apr - 2024, 17:33

Placeholder
Kepala Diskominfotiksan, Herman Widodo memberikan sambutan di acara Media Gathering Jurnalisme Responsif Gender.(Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES- Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) mengadakan acara Media Gathering yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran gender melalui jurnalisme responsive, Senin sore (1/4/2024) di ruang Perdana Kantor BPKAD Kabupaten Blitar. Acara ini merupakan wujud komitmen dalam memenuhi ketentuan Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ketua Panitia dan Kepala Diskominftiksan Kabupaten Blitar, Herman Widodo, menjelaskan bahwa publikasi dan diseminasi informasi program pemerintah kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya merupakan aspek penting yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 55 Tahun 2011.

Baca Juga : Jelang Hari Raya, Pj Wali Kota Kediri Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

"Dalam rangka meningkatkan komunikasi dengan media dan implementasi program responsive gender, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Blitar mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi jurnalis dengan tema 'Jurnalisme Responsif Gender'," ungkap Herman Widodo.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai perwakilan media di Wilayah Blitar Raya, dari media cetak, siber, hingga elektronik. Narasumber utama acara ini adalah Dr. Endah Siswati, S.I.P., M.Sw, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unisba Blitar, yang menyampaikan materi tentang pentingnya jurnalisme responsif gender. Sementara itu, Haji Asrofi, Wakil Pemimpin Redaksi PT. Jaya Kediri Televisi (JTV Kediri), memberikan kultum dan memimpin doa bersama jelang buka puasa.

"Saya percaya, melalui jurnalisme yang responsif gender, kita dapat memberikan ruang yang memadai bagi perempuan dalam pemberitaan. Ini penting untuk menciptakan kesetaraan dan mengurangi diskriminasi gender," tutur Dr. Endah Siswati.

Acara dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Izul Marom, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Krisna Triatmanto, menyoroti peran penting media massa dalam membentuk perilaku masyarakat. Krisna menekankan bahwa media massa harus menjadi akses bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang seimbang dan tidak diskriminatif.

"Dalam partisipasi media massa untuk mengentaskan persoalan gender, media perlu memainkan peran ganda. Tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga menjadi agen perubahan sosial yang positif," ungkap Krisna.

Selain itu, Krisna Triatmanto juga menegaskan perlunya pembangunan kesadaran gender di kalangan insan pers. Menurutnya, media massa harus menghindari sikap diskriminatif dan mengembangkan profesionalisme sensitif gender.

Baca Juga : DKPP Kota Blitar Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Stabilisasi Harga Jelang Idul Fitri

"Perlu adanya pembangunan kesadaran gender di kalangan insan pers. Jurnalisme responsif gender harus menjadi bagian integral dari praktik jurnalistik," kata Krisna.

Dengan demikian, acara ini menjadi momentum penting bagi pemerintah, media, dan masyarakat Kabupaten Blitar untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran gender melalui jurnalisme responsif. Diharapkan, langkah-langkah konkret yang diambil dalam acara ini dapat memberikan dampak positif dalam upaya menciptakan kesetaraan gender dan memajukan Kabupaten Blitar ke arah yang lebih baik.

Dengan hangatnya suasana kebersamaan, acara Media Gathering dengan tema peningkatan kesadaran gender melalui jurnalisme responsif di Kabupaten Blitar ditutup dengan sebuah momen istimewa, yaitu buka puasa bersama. Para peserta, termasuk perwakilan media, narasumber, dan pejabat pemerintah, berkumpul di ruang rapat Perdana – BPKAD Kabupaten Blitar untuk menikmati hidangan berbuka puasa secara bersama-sama.


Topik

Pemerintahan Pemkab Blitar media gathering jurnalisme



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri