Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Kantor Pos Kota Batu Alami Lonjakan Kiriman Jelang Lebaran, Paket Makanan Mendominasi

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Apr - 2024, 17:25

Placeholder
Pengiriman di Kantor Pos Indonesia Kota Batu mengalami peningkatan jelang lebaran.(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Lebaran atau Hari Raya IdulFitri 1445 H/2024 kurang sekitar sepekan lagi. Perputaran roda ekonomi terlihat di berbagai lini, salah satunya jasa ekspedisi atau pengiriman. Kantor Pos di Kota Batu mengalami peningkatan transaksi pengiriman sejak pertengahan Ramadan dan mendekati lebaran.

Supervisor Kantor Pos Indonesia Kota Batu Suprapto, catatan transaksi pengiriman memang didapati perbedaan volume sejak memasuki Ramadan. Pengiriman harian jumlahnya relatif lebih banyak dari hari biasanya. Bahkan peningkatan yang terjadi mencapai sekitar 50 persen lebih.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

"Transaksi kiriman kalau dari volume setiap hari dibanding sebelumnya memang ada peningkatan. Harian sekarang rata-rata sekitar 150, kalau biasa mungkin puluhan sampai 100-an," ujar Suprapto saat ditemui, Senin (1/4/2024).

Menurut catatannya, peningkatan paket kiriman terkait lebaran makin sering dijumpai dalam sepekan terakhir. Banyak di antaranya adalah kue, bingkisan hadiah, makanan dan minuman dan pakaian.

"Barang yang dikirim memang lebih banyak ditemui yang kirim kue, baju, meski dalam bentuk parsel nggak terlalu tapi biasanya terbungkus kardus isi kue atau makanan ringan," katanya.

Dikatakannya, yang paling mendominasi akhir-akhir ini untuk barang kiriman merupakan makanan dan camilan seperti kue kering dan kurma. Gambarannya, kata Suprapto, sekitar 20-30 persen dari seluruh kiriman berupa barang.

Di sisi lain, lonjakan transaksi kiriman yang ditemukan Kantor Pos Batu adalah dokumen surat tilang elektronik. Pos Indonesia menerima pengiriman resmi dari instansi kepolisian untuk pengiriman surat tilang ke pemilik kendaraan. Kepolisian menjadi instansi yang relatif baru memulai untuk kerja sama pengiriman surat resmi tilang elektronik.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

"Dari pengiriman 150 sekitar segitu ketambahan dari surat e tilang kepolisian yang mulai banyak, itu yang kemitraan baru. Biasanya per hari puluhan surat," tuturnya.

Meski mengalami lonjakan, jam dan operasional kerja Kantor Pos Batu tetap sama. Yakni pukul 7.00 sampai 20.00 malam. Hanya saja diberi waktu istirahat lebih banyak saat berbuka puasa. Bahkan, hingga hari raya IdulFitri diperkirakan akan ada instruksi tetap membuka pelayanan. "Untuk operasi saat lebaran biasanya tetap buka, meski dengan pelayanannya yang terbatas," imbuh Suprapto.


Topik

Ekonomi Kota Batu Kantor Pos paket lebaran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Nurlayla Ratri