Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkot Malang Mulai Melakukan Perencanaan Pembangunan Alun-alun Merdeka

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Apr - 2024, 16:28

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat (baju putih) saat membuka tirai tanda dimulainya perencanaan pembangunan Alun-alun Merdeka Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memulai perencanaan pembangunan Alun-alun Merdeka. Secara simbolis, kegiatan itu dilakukan di tengah napak tilas HUT ke-110 Kota Malang.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan bahwa perencanaan pembangunan Alun-alun Merdeka sebenarnya sudah beberapa tahun lalu masuk dalam pembahasan. Dan secara teknis, di dalam Alun-alun Merdeka saat ini ada beberapa bagian yang sudah tidak berfungsi.

Baca Juga : Menolak Lupa dan Merawat Ingatan Khas Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat pada 110 Tahun Kota Malang

“CSR yang dimanfaatkan ini ada beberapa yang memang sudah tidak berfungsi, kemudian kita menyesuaikan lagi ada beberapa fasilitas pendukung kita selesaikan saat ini karena ada masukan,” kata Wahyu, Senin (1/4/2024).

Perencanaan pembangunan ini dijelaskan Wahyu dilakukan secara open public. Saat itu, semua komunitas diundang untuk melakukan pembahasan secara panjang lebar, hingga mendapat banyak masukan.

“Akhirnya perencanaannya sudah selesai, ada beberapa revisi kita sesuaikan nanti akan kita sampaikan pada mereka,” ujar Wahyu.

Wahyu pun menegaskan bahwa perencanaan pembangunan Alun-alun Merdeka ini adalah CSR dari Bank Jatim, bukan dari APBD.

Disinggung mana saja nantinya yang akan direvitalisasi? Wahyu mengaku sebenarnya beberapa bagian masih bagus. Namun beberapa masukan memang meminta sejumlah bagian agar dipertahankan.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat menyapa masyarakat di Alun-alun Merdeka (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

“Beberapa sudah bagus, kita hanya tampilan karena ada masukan dari Masjid Agung Jami, gereja, komunitas, ada beberapa titik yang minta dipertahankan. Karena cagar budayanya di situ,” kata Wahyu.

“Kemudian ada beberapa fasilitas pendukung lainnya akan kita sesuaikan. Sesuai dengan keinginan dari masyarakat, kami upayakan tertampung, kemudian direvitalisasi ini karena akan dimanfaatkan oleh masyarakat, ada masukan dari masyarakat, mudah mudahan sesuai dengan keinginan masyarakat,” imbuh Wahyu.

Setelah perencanaan itu, nanti Wahyu berharap tahun ini revitalisasi dapat segera selesai. Sehingga masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk menikmati kembali Alun-alun Merdeka sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Malang.

Baca Juga : Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Kenang Naik Bemo Saat Remaja

“Ini ada beberapa penyesuaian, tapi kita sudah mulai perencanaan. Perencanaan itu berarti kita selesai clear dari Bank Jatim, kemudian tidak ada masalah, kita kembalikan lagi. Kita harapkan tahun ini selesai,” tukas Wahyu.

Saat berada di Alun-alun Merdeka, Wahyu juga menyempatkan diri untuk menyapa masyarakat. Selain itu, Wahyu juga mengajak bermain anak-anak dan memberi makan burung merpati.

Antusias masyarakat pun cukup tinggi ketika banyak pejabat Pemkot Malang berkeliling Alun-alun Merdeka. Di sana warga juga banyak meminta foto dan mengabadikan momen.

“Mumpung onok pak walikota. Pak foto pak, foto pak,” kata salah satu pengunjung Alun-alun Merdeka bersama anaknya.


Topik

Pemerintahan Pemkot Malang HUT Kota Malang HUT 110 Kota Malang Wahyu Hidayat napak tilas alun alun merdeka



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni