Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

HUT ke-110 Tahun Kota Malang, Dinsos-P3AP2KB Komitmen Berikan Layanan Terbaik untuk PPKS

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Apr - 2024, 16:06

Placeholder
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang Donny Sandito Widoyoko saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Malang ke-110 tahun, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi 26 jenis Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Mengacu pada Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), terdapat 26 jenis PPKS. 

Baca Juga : Napak Tilas Gedung Gajayana, Pj Wali Kota Malang Ingin Kembalikan Fungsi sebagai Gedung Kesenian

Di antaranya anak balita terlantar, anak terlantar, anak yang berhadapan dengan hukum, anak jalanan, anak dengan kedisabilitasan, anak yang menjadi korban kekerasan dan anak yang memerlukan perlindungan khusus. 

Kemudian ada lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas, tuna susila, gelandangan, pengemis, pemulung, kelompok minoritas, mantan warga binaan lembaga pemasyarakatan, orang dengan HIV/Aids (Odha) dan korban penyalahgunaan Napza.

Selanjutnya ada korban trafficking, korban tindak kekerasan, pekerja migran bermasalah sosial, korban bencana alam, korban bencana sosial, perempuan rawan sosial ekonomi, fakir miskin, keluarga bermasalah sosial psikologis, serta komunitas adat terpencil. 

"Di 110 tahun Kota Malang ini yang paling utama adalah Pemerintah Kota Malang melalui Dinsos-P3AP2KB bisa mengintervensi semua PPKS yang ada di Kota Malang. Terkait dengan pemenuhan hak-hal dasarnya," ungkap Donny kepada JatimTIMES.com. 

Menurutnya, terkait dengan intervensi penanganan 26 jenis PPKS yang lebih maksimal dan cepat, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang juga membutuhkan peran serta dari jajaran perangkat daerah lainnya. 

"Untuk intervensi penanganan PPKS sendiri, diharapkan ada kolaborasi dari semua perangkat daerah," tutur Donny. 

Baca Juga : Menolak Lupa dan Merawat Ingatan Khas Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat pada 110 Tahun Kota Malang

Mantan Camat Kedungkandang itu mengatakan, pemenuhan hak-hak dasar untuk 26 jenis PPKS sangat penting. Pasalnya, hal itu masuk dalam tugas pokok dan fungsi Dinsos-P3AP2KB Kota Malang dalam memberikan pelayanan bagi 26 jenis PPKS.

Oleh karena itu, Donny mengaku bahwa Dinsos-P3AP2KB Kota Malang harus lebih sering turun ke masyarakat, untuk menerima saran-saran dari masyarakat umum, tokoh agama, serta tokoh masyarakat lainnya.

"Pemenuhan hak-hak dasar itu sangat penting. Karena kita harus banyak turun, dan kita harus banyak mendengar dari tokoh-tokoh masyarakat yang ada di wilayah. Sehingga kita bisa lebih baik untuk penanganannya," pungkas Donny.


Topik

Pemerintahan Dinsos P3AP2KB Kota Malang Donny Sandito PPKS HUT



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri