Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Jangan Sembarangan Pilih Pengasuh, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Babysitter

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Apr - 2024, 14:44

Placeholder
Ilustrasi anak bersama babysitter. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Mencari babysitter yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan bukanlah tugas yang mudah. Meski kini sudah banyak penyalur babysitter, masih saja ditemukan kasus-kasus kekerasan dan abai dari babysitter.

Salah satunya seperti kasus yang menimpa Cana, anak dari selebgram Malang, Aghnia Punjabi yang harus babak belur di tangan pengasuhnya sendiri.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Adapun motif dari penganiayaan terhadap Cana itu didasari oleh rasa jengkel sebab saat itu Cana menolak untuk diobati.

Meski begitu, hal tersebut tidak bisa menjadi pembenaran atas penganiayaan terhadap Cana. Kasus tersebut saat ini masih terus bergulir dan pelaku atas nama Indah Permata Sari (27) kini telah diamankan pihak yang berwajib. 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika memilih babysitter. Cara memilih babysitter yang terpercaya ini adalah dengan melakukan serangkaian pengamatan, wawancara, dan pengecekan latar belakang. Mengetahui kecocokan anak dan babysitter juga menjadi bagian penting dalam proses ini.

Dirangkum dari Verywellfamily dan The New York Times, pada Senin (1/4/2024) berikut beberapa cara memilih babysitter yang tepat.

1. Cek Latar Belakang Calon Babysitter

Pertama, pastikan Anda sudah mengecek baik-baik latar belakang calon babysitter yang hendak direkrut untuk mengasuh Si Kecil.

Hal ini bisa dilakukan dengan mencari tahu apakah calon ini cukup berpengalaman dalam pengasuhan bayi atau tidak. Jika mencari dari situs atau lembaga resmi, pihak penyedia jasa akan menyediakan informasi yang diminta.

Akan tetapi, jika mendapat beberapa nama dari rekomendasi orang terdekat, pastikan yang merekomendasikan mengenal baik calon babysitter yang cocok untuk mengasuh Si Kecil nantinya.

2. Ketahui Pola Pengasuhannya

Tips berikutnya, bisa juga dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada calon babysitter.

Untuk pertanyaannya bisa seputar bagaimana cara babysitter tersebut merawat bayi dari pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Misalnya, apa yang akan dilakukannya jika bayi rewel, bagaimana cara menidurkan bayi, bagaimana membuat bayi nyaman setelah menangis, dan sebagainya.

Jawaban-jawaban yang dilontarkan calon  babysitter ini akan membantu Anda memutuskan apakah pengasuh ini cocok atau tidak.

3. Jangan Ragu Lakukan Uji Coba

Baca Juga : 5 Rekomendasi Foundation Favorit Para MUA, Makeup Tahan Lama Seharian di Hari Lebaran

Tips memilih babysitter berikutnya yaitu janganlah ragu untuk melakukan uji coba terhadap kandidat babysitter yang menurut kamu paling cocok.

Pasalnya, babysitter yang benar-benar baik dan serius dengan pekerjaannya tidak akan menolak permintaan untuk melakukan uji coba.

Caranya dengan mengajak kandidat babysitter menghabiskan waktu bersama Anda dan Si Kecil selama satu atau beberapa jam.

Jika Si Kecil seolah terhubung dengan kandidat tersebut, layaknya terhubung dengan Anda sebagai ibunya, kemungkinan orang ini adalah babysitter yang tepat.

4. Tayakan pada Anak

Saat melakukan uji coba, tanyakan pada anak tentang babysitternya. Tergantung pada usia dan kepribadian anak-anak, Anda mungkin bisa mendapatkan pemahaman yang baik tentang pengasuh berdasarkan informasi dari anak. Apakah anak bersenang-senang? Apakah mereka diberi makan dan bahagia? Banyak anak menangis atau menunjukkan kecemasan perpisahan ketika orang tua mereka meninggalkan mereka dengan pengasuh baru.

5. Percaya pada Naluri Ibu

Terakhir, Anda perlu percaya pada naluri ibu yang ada di dalam diri sendiri.

Pasalnya, tidak ada yang lebih penting selain naluri sebagai ibu dalam menilai apakah babysitter tersebut layak untuk dipilih. Terlepas dari pengalaman dan semua kualifikasinya, naluri diri sendirilah (ibu) yang menentukan cocok atau tidaknya.


Topik

Serba Serbi Aghnia emyaghnia Aghnia Punjabi penganiayaan anak selebgram baby sitter pengasuh anak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni