Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Apa Itu Mindful Parenting? Pola Asuh Anak yang Tengah Dipakai Banyak Orang Tua

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

01 - Apr - 2024, 11:24

Placeholder
Ilustrasi orang tua dengan anak. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menjadi orang tua tentu memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Setiap orang tua tentu berharap bisa mengasuh anaknya dengan pola yang benar demi tumbuh kembang optimal baik fisik maupun psikis.

Namun dalam praktiknya, tentu masing-masing orang tua punya tantangan yang berbeda dalam mengasuh anak.

Baca Juga : Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek usai Dipakai Mudik, Jangan Langsung Dibawa Pergi Lagi

Ada banyak jenis pengasuhan anak yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah mindful parenting.

Dilansir dari Gottman, Mindful parenting adalah proses pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua dengan kesadaran penuh dalam memberikan perhatian dan tidak memberikan penilaian negatif terhadap perilaku anak.

Artinya, Anda dan suami harus memberikan perhatian lebih dengan cara menerima dan tidak menghakimi anak. Ini merupakan cara yang baik untuk mengontrol diri saat memilih respons terhadap anak, dibandingkan dengan emosi dan amarah yang meledak-ledak.

Penerapan Mindful Parenting

Melansir Instagram Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada Senin, (1/4/2024) berikut cara penerapan Mindful Parenting.

1. Mendengarkan dengan penuh perhatian, memperhatikan dan terlibat dengan apa yang terjadi saat ini pada anak.

Hal ini berarti mengarahkan perhatian penuh hanya kepada anak. Orang tua juga dapat menyampaikan bahwa mereka benar-benar mendengarkan.

2. Kesadaran emosional diri dan anak.

Anak juga butuh dimengerti. Mereka adalah manusia biasa yang juga mempunyai perasaan. Adakalanya anak merasa sedih, kecewa, kesal, marah dan bahagia. Bagaimana emosi atau perasaan anak saat itu, orangtua harus benar-benar memahaminya.

3. Mengatur emosi diri (orangtua) selama proses pengasuhan.

Layaknya seorang anak maka hal yang sangat wajar jika mereka kadang membuat orangtua kesal dan marah. Tapi perasaan tersebut harus dikontrol sebaik mungkin agar tidak melakukan tindakan yang tidak baik untuk tumbuh kembang anak.

4. Menerima dan tidak menghakimi anak, memahami dan mengerti apa yang anak rasakan dan pikirkan.

Dengan tidak menghakimi ketika anak mendapatkan masalah ketika bermain dengan temannya. Misalnya saat terjadi kerusakan pada alat main atau media lainnya. Bahkan ketika anak berperilaku tidak sesuai dengan harapan.

Contoh mindful parenting

Baca Juga : 5 Rekomendasi Foundation Favorit Para MUA, Makeup Tahan Lama Seharian di Hari Lebaran

Setelah memahami konsepnya, Anda juga perlu mengetahui bagaimana contoh dari praktik mindful parenting. Dilansir dari Healthline, inilah beberapa contoh mindful parenting yang bisa Anda tiru:

1. Menghadapi bayi yang tidak mau tidur

Tarik napas dalam-dalam saat menghadapi si kecil yang tidak mau tidur. Jika Anda merasa marah atau frustasi karenanya, akuilah perasaan tersebut tanpa menghakimi diri sendiri.

Terakhir, pahami bahwa bayi memang kerap kesulitan untuk tidur sepanjang malam dan yakinkan diri Anda bahwa malam seperti ini tidak akan berlangsung selamanya.

2. Menghadapi balita yang tantrum di tempat umum

Abaikan tatapan orang lain yang seolah-olah menghakimi Anda. Ingatlah bahwa anak tidak sedang berusaha mempermalukan Anda karena tantrum memang wajar terjadi pada balita.

Sebelum mengajak anak untuk pulang atau beralih ke tempat yang lebih sepi, amatilah akar permasalahan dari apa yang terjadi dan terimalah fakta bahwa anak bisa lepas kendali ketika mereka terlalu lelah.

3. Menghadapi anak yang menolak untuk makan

Tarik napas dalam-dalam dan coba posisikan diri Anda sebagai anak lalu bicarakan dengan anak perihal apa yang mereka rasakan atau bayangkan tentang makanan yang ada di hadapannya. Setelah itu, jelaskan baik-baik kepada anak tentang pentingnya makan untuk kesehatan mereka.

Anda bisa menawarkan pilihan makanan lain atau menyajikan makanan yang sama dengan bentuk berbeda yang sekiranya dapat menarik perhatian anak.


Topik

Serba Serbi Mindful parenting asih anak cara asuh anak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya