Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Tidak Harus Kopi, Ini 7 Cara untuk Meningkatkan Energi dan Tetap 'Melek' Saat Bulan Puasa

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

01 - Apr - 2024, 09:24

Placeholder
Ilustrasi menolak meminum kopi. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Kopi kerap dianggap sebagai 'penyuntik' semangat dalam menjalani hari. Kandungan kafein dalam kopi memang bertindak sebagai penolak reseptor adenosin. Artinya, kafein bisa memblokir adenosin yakni zat tubuh yang memicu kantuk.

Maka tak heran apabila kopi kerap dinikmati saat sahur. Namun, mengkonsumsi kopi secara rutin setiap hari bisa menyebabkan meningkatkan tekanan darah, dan membuat detak jantung menjadi tidak biasa, karenanya akan lebih baik jika Anda bisa terjaga tanpa bantuan minuman berkafein ini. 

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Ada sejumlah cara lain yang bisa dijajal untuk meningkatkan energi dan fokus selain dengan menyeruput kopi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara sederhana untuk meningkatkan energi yang bisa dilakukan.

1. Minum air

Terkadang, kelelahan dan sulit fokus bisa disebabkan oleh dehidrasi. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik setiap hari.

Normalnya, orang dewasa dianjurkan untuk minum 8 gelas air, atau sekitar 2 liter per hari. Namun, jumlah tersebut bisa lebih banyak tergantung tingkat aktivitas, usia, lingkungan, kondisi kesehatan, dan lain-lain.

2. Makan secara teratur

Pola makan yang berantakan dapat membuat tubuh kekurangan energi, sehingga memengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi. Karenanya, penting untuk selalu memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Misalnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein. Serat dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat oleh tubuh dan mencegah sugar crash. Sementara, protein dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk bisa beraktivitas.

Adapun jenis makanan yang direkomendasikan di antaranya buah-buahan, sayur-sayuran, telur, yogurt rendah lemak, dan kacang-kacangan.

3. Minum teh hijau

Jika bosan dengan kopi, maka detikers bisa mengonsumsi teh hijau sebagai alternatif. Selain mengandung sejumlah kafein, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung senyawa bernama L-Theanine yang dapat menyeimbangkan efek kafein dan membuat tubuh menjadi rileks.

4. Perbanyak aktivitas fisik

Mulai kehilangan fokus saat bekerja atau menatap komputer? Cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar untuk meningkatkan energi.

Sebuah penelitian menemukan olahraga singkat dengan intensitas sedang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kelelahan tanpa berdampak negatif pada kinerja kerja.

5. Konsumsi Buah Bit

Baca Juga : Rekomendasi 5 Pengharum Ruangan, Bikin Tamu Betah saat Silaturahmi Lebaran

Bit kaya akan nitrat yang memberikan energi. Dawn Jackson Blatner, ahli diet, memberikan resep sederhana yakni beetroot latte. Anda cukup menyiapkan bit bubuk, susu hangat, bubuk kayu manis sedikit dan madu.

6. Menghindari gadget sebelum tidur

Penelitian menunjukkan penggunaan gadget sebelum tidur dapat merusak kualitas istirahat. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan energi dan merasa loyo keesokan hari.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menunjukkan orang yang membaca e-book di smartphone memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih rendah keesokan hari, dibandingkan dengan orang yang membaca buku biasa. Tak hanya itu, membaca di smartphone juga dapat membuat seseorang lebih sulit terlelap.

7. Tidur siang

Kalau rasa kantuk sudah tidak tertahankan lagi, Anda bisa mencuri waktu sejenak untuk tidur siang. 

Namun, hindari tidur siang yang terlalu lama. Tubuh Anda mungkin malah terasa makin lemas karena hal ini bisa mengganggu ritme sirkadian atau jam biologis tubuh.

Dikutip dari Mayo Clinic, waktu tidur siang sebaiknya tidak lebih dari satu jam. Idealnya, Anda cukup tidur selama 20–30 menit yang bisa dilakukan pada waktu istirahat siang


Topik

Serba Serbi Kopi cegah ngantuk anti tidur



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya