Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Biar Nggak Gugup, Simak Tips Lancar Public Speaking dari Pakar Komunikasi 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

31 - Mar - 2024, 23:23

Placeholder
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Kemampuan berkomunikasi atau publik speaking saat ini menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki. Kemampuan ini tentunya akan sangat membantu seseorang menjadi lebih percaya diri ketika berhadapan dengan banyak orang, termasuk juga sangat bermanfaat dalam berbagai situasi dalam dunia kerja. 

Meski mempunyai peran penting dalam membangun karir dan menjalin komunikasi yang baik, namun masih banyak mereka yang kesulitan atau bahkan tidak menguasai kemampuan ini. Lantas, bagaimana tips untuk dapat dengan menguasai public speaking ?. 
Simak tips dari pakar komunikasi ini. 

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Rahmania Santoso M Ikom, dosen dan juga pakar komunikasi UMM menjelaskan, bahwa 
kemampuan ini tentunya bukan hanya harus dikuasai oleh kalangan profesional atau public figure saja, namun masyarakat umum dengan berbagai profesi lain setidaknya harus memiliki kemampuan ini.

Bahkan pedagang hingga petani pun dituntut untuk memiliki kemampuan public speaking. Dengan  memiliki kemampuan ini, tentunya akan mendukung  aktivitas atau pekerjaan berjalan dengan baik dan lancar.

“Public speaking itu wajib dipelajari siapapun karena merupakan kemampuan dasar yang akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Karakteristik introvert dan ekstrovert tidak menjadi alasan untuk tidak mau berlatih public speaking," ujarnya.

Oleh karena itu, dijelaskan Rahmania, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menguasai kemampuan public speaking. Selain dari jam terbang dan pengalaman, seringnya melatih diri dengan persiapan yang matang juga dapat membuat seseorang memiliki kemampuan public speaking yang bagus. 

Dalam public speaking, beberapa hal dapat dilakukan seperti  halnya mempersiapkan materi, penguasaan panggung, pengenalan audiens dengan melihat latar belakang atau usia audiens, menyesuaikan gaya bahasa hingga berinteraksi dengan audiens.

Kemudian, berlatih sebelum berbicara dan menyesuaikan sikap, gaya tubuh pada saat menghadapi objek tertentu. 

Bukan hanya itu, tips lain adalah perlunya senam muka agar dalam penyampaian dapat menarik dan bertenaga. Artinya perlu melakukan latihan pada otot rahang, bibir, lidah, tenggorokan dan pernafasan.

Hal ini akan menjadi sebuah tools sehingga public speaking dapat berjalan dengan baik.
Selain itu, berlatih dengan berbicara didepan cermin. 

Baca Juga : Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek usai Dipakai Mudik, Jangan Langsung Dibawa Pergi Lagi

"Membiasakan berbicara sendiri di depan kaca, ini akan membantu memperlancar kemampuan yang dimiliki sebelum tampil juga dapat membantu,” tuturnya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, tak jarang  seseorang diselimuti rasa gugup. Meski begitu, sebisa mungkin haru mampu mengendalikan diri agar rasa gugup hilang.

"Gagal, salah, gugup itu hal yang wajar," katanya.

bahwa seseorang tak perlu takut gagal atau salah berbicara didepan publik, terlebih pada saat tahapan belajar. Tentunya, yang terpenting adalah bagaimana niat atau kemauan tinggi untuk belajar dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan.

"Justru dengan kita salah, kita jadi tahu kekurangan kita dan sehingga kedepannya bisa semakin mempersiapkan penampilan,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan Rahmania Santoso public speaking



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya