Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Olahan Susu dari Peternak Sapi Perah di Desa Tlekung Hasilkan Keju dan Butter Berkualitas

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : A Yahya

31 - Mar - 2024, 22:47

Placeholder
Peternakan sapi perah sekaligus produsen keju dan butter di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu dikunjungi Pj Wali Kota Aries Agung Paewai, Minggu (31/3/2024).

JATIMTIMES - Sapi-sapi perah dari peternak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu mampu diolah menjadi produk berkualitas seperti keju dan butter. Produknya dipasarkan hingga ke hotel berbintang. Hal tersebut diketahui saat Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai melakukan kunjungan UMKM, Minggu (31/3/2024).

Yakni di peternakan sapi perah milik warga bernama Nawi. Di dalamnya ada 120 ekor sapi perah dengan produksi 600 liter susu per hari. Beragam produk keju dan butter dihasilkan dengan kualitas yang sangat prima sehingga tanpa promo khusus telah mampu menembus pangsa pasar hotel bintang 5 dan restoran di wilayah Jawa dan Bali.

Baca Juga : Pemkab Malang Terapkan Biosecurity Guna Antisipasi PMK hingga LSD

"Kita bisa melihat disini sangat bagus, dari susu sapi diolah menjadi keju dan butter yang berkualitas sangat baik. Sudah berhasil menembus pasar hotel bintang dan restoran di Jawa dan Bali," ucap Aries, Minggu (31/3/2024).

Aries sangat antusias dengan semangat UMKM peternak yang terus mengembangkan usahanya sehingga memiliki kualitas prima dan bernilai tambah yang tinggi. Utamanya karena berhasil mengembangkan produk olahan tidak hanya susu.

Dirinya juga mengapresiasi peternakan Nawi dengan kandang sapi yang tidak bau dan tempat pengolahan keju serta butter yang bersih. Sehingga hal tersebut membuat ia semakin yakin produk berkualitas bisa dihasilkan dari peternak. Untuk diketahui, Desa Tlekung Kecamatan Junrejo merupakan salah satu desa sentra peternakan, khususnya sapi perah dan ayam petelur.

Selain ke peternakan milik Nawi, Pj Aries juga berkunjung ke peternakan milik Edi dengan jumlah sapi perah sebanyak 13 ekor sapi yang produktif dengan produksi 100 liter susu per hari.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Berbeda dengan sebelumnya, Edi bekerja sama dengan PT Greenfield membeli paket sapi senilai Rp 28 juta untuk 10 ekor pedhet atau anak sapi. Saat ini sudah berkembang menjadi 13 sapi dewasa dan 26 anak sapi. Hasil produksi susu dikirim ke PT Greenfield sehingga peternak tidak kesulitan dalam pemasaran.

"Kami sangat kagum dengan usaha yang dirintis secara mandiri ini. Semoga dapat terus menghasilkan produk berkualitas dan nilai ekonominya semakin tinggi," harapnya.


Topik

Ekonomi kota batu aries agung paewai sapi batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

A Yahya