Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkab Malang Dulang Penghasilan Pajak Makanan dan Minuman Rp 1,5 Miliar di Bulan Ramadan

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

31 - Mar - 2024, 22:17

Placeholder
Menu berbuka puasa yang disajikan oleh salah satu restoran di Kabupaten Malang saat bulan Ramadan 2024. (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bulan Ramadan 1445 Hijriah di 2024 membawa berkah bagi sejumlah pihak. Tanpa terkecuali bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Masyarakat yang berburu menu berbuka saat puasa Ramadan turut mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang.

Tercatat, hingga menjelang akhir Maret 2024, Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) di sektor jasa makanan dan minuman (mamin) mampu mendulang pendapatan hingga Rp 1.517.671.975. "Realisasi PBJT mamin awal bulan Maret sampai dengan kemarin (Sabtu, 30/3/2024) sebesar Rp 1,5 miliar," ungkap Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara, saat dikonfirmasi Minggu (31/3/2024).

Baca Juga : 8 Adab Bertamu di Hari Lebaran Sesuai Anjuran Rasulullah

Sementara itu, di sepanjang Januari hingga Februari 2024, realisasi PBJT mamin sebesar Rp 3,4 miliar. Sehingga jika dijumlahkan dengan realisasi di bulan Ramadan, capaian PBJT mamin tembus di angka Rp 4,9 miliar.

"Sampai dengan saat ini, target PBJT mamin telah terealisasi sekitar 32 persen," jelas Made yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang ini.

Dijelaskan Made, target PBJT mamin di tahun 2024 dipatok Rp 15.516.593.067. Artinya, hingga tutup buku 2024, target PBJT mamin tersisa sekitar Rp 10,6 miliar.

Baca Juga : Tips Masak Santan agar Bebas Kolesterol, Makan Tenang Tanpa Takut

Target itulah yang akan dimaksimalkan Bapenda Kabupaten Malang, termasuk di momen 10 hari menjelang Lebaran Idul Fitri 2024. "Kami berharap masyarakat juga sadar untuk membayar pajak saat membeli makan dan minum. Kami juga mengingatkan kepada pengelola resto untuk memungut dan menyetorkan pajak yang di titipkan kepada mereka ke Bapenda," pungkas Made.


Topik

Pemerintahan Bapenda-kabupaten-malang kabupaten malang Made Arya wedhantara



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya