Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

HSC, Sarana Penguatan Literasi dan Komunitas Literasi di Fakultas Humaniora

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

31 - Mar - 2024, 22:06

Placeholder
Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang membentuk membentuk Humaniora Study Club (HSC) (istimewa)

JATIMTIMES - Upaya dalam meningkatkan dan memperkaya literasi para mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang terus gencar dilakukan melalui berbagai langkah strategis. Salah satunya adalah dengan membentuk Humaniora Study Club (HSC).

HSC ini merupakan bagian dari program Reading and Writing (R & W) yang telah dilaunching pada 6 Maret 2024 lalu. Hal ini menjadi bentuk komitmen Fakultas Humaniora dalam memajukan dunia literasi di kalangan mahasiswa. Program ini merupakan hasil kolaborasi dari  Unit Self Access Center (SAC) dengan Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Prodi Sastra Inggris. 

Baca Juga : Mahasiswa Prodi TI Unisba Blitar Gali Potensi BLPT Jogja dan Amikom dalam Kunjungan Studi ke Yogyakarta

Sesuai dengan nama program, Program R & W menjadi upaya dalam membudayakan budaya membaca dan menulis. Para anggota HSC sendiri, terdiri dari pada mahasiswa semester 2 hingga semester 6 dari Program Studi (Prodi) Sastra Inggris dan Bahasa serta Sastra Arab.

Mereka bersatu dalam semangat untuk mengasah kemampuan menulis, membaca, dan bahasa. Setiap hari Rabu, mereka berkumpul di perpustakaan Fakultas Humaniora untuk berdiskusi dan belajar bersama.

Lebih dari itu, HSC mempunyai peran penting pada hari bahasa (bi'ah lughowiyah) di Fakultas Humaniora, yang dirayakan setiap hari Selasa. Kosakata yang dikuasai para peserta, diharapkan dapat diterapkan dalam interaksi dengan civitas akademika lainnya, baik dalam pengunaan bahasa Inggris maupun bahasa Arab.

Untuk itu, dlma promosi HSC nantinya akan dikemas dalam konten yang menarik. Para penggerak bi'ah lughowiyah dari Humaniora Study Club siap untuk memberikan kontribusi nyata dalam membudayakan budaya membaca dan menulis, serta membentuk kelompok studi yang fokus pada literasi dan keterampilan bahasa di lingkungan Fakultas Humaniora.

Baca Juga : Tasyakuran Meriah:  Kota Blitar Syukuri Usianya yang ke-118 dengan Semangat Keren “Kuthane, Mulya Wargane”

Dekan Fakultas Humaniora, Dr M Faisol dalam beberapa kesempatan sebelumnya mengatakan, bahwa saat ini peningkatan kompetensi membaca dan menulis menjadi salah satu hal yang penting. Skill ini menjadi landasan utama dalam menghadapi dinamika perkembangan berbagai aspek ke depan.

"Skill membaca dan menulis merupakan pondasi utama bagi keberhasilan setiap mahasiswa dalam menempuh studi dan memasuki dunia kerja," pungkas Dr M Faisol.


Topik

Pendidikan Humaniora study club' UIN Maliki Malang faisol



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya