Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Gejala Kanker Usus Besar yang Dialami Hilbram Dunar hingga Meninggal Dunia

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

31 - Mar - 2024, 18:31

Placeholder
Almarhum Hilbram Dunar. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Pembawa acara televisi dan penyiar radio Hilbram Dunar meninggal dunia pada Minggu (31/3/2023) dini hari.  Kabar ini disampaikan sang istri, Denny Lusiana, lewat akun Instagram pribadinya.

“Innalilahi wa innalilahi rojiun. Telah meninggal dunia HILBRAM DUNAR Suami tercinta dari Denny lusiana / papah tercinta dari Ranu dan Via. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau.. Semoga almarhum husnul khotimah,” tulisnya, dikutip Minggu (31/3/2024).

Baca Juga : Update Gate 13 Stadion Kanjuruhan: Tak Jadi Dibongkar

Hilbram Dunar sempat dirawat di rumah sakit EMC Alam Sutera, Tangerang, sebelum wafat pada pukul 00.39 WIB. 

Menurut pihak manajer, Hilbram meninggal karena penyakit serius. "Kanker usus besar (penyebab meninggalnya Hilbram Dunar)" ujar pihak manajer.

Kanker usus besar merupakan tumor ganas di usus besar yang ditandai dengan perubahan pola buang air besar secara terus-menerus. Penyakit ini kerap kali berawal dari tumor jinak yang disebut dengan polip.

Dikutip dari Kemenkes RI, penyebab kanker usus besar sampai saat ini belum diketahui dengan jelas. Namun ada beberapa faktor risiko yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus besar. Di antaranya jarang makan serat, jarang berolahraga, dan memiliki kebiasaan merokok.

Kanker usus besar sering tidak menimbulkan gejala di awal. Namun, jika sering mengalami gejala gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit, dan memiliki keluarga yang mengidap kanker usus besar, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Makin awal terdeteksi, kemungkinan kanker usus besar untuk sembuh juga akan semakin besar.

Berikut sejumlah gejala kanker usus besar yang perlu diwaspadai:

  • Diare atau sembelit
  • Perut kembung
  • Kram atau sakit perut
  • Perubahan bentuk dan warna tinja
  • BAB berdarah

Jika sudah memasuki stadium lanjut, pengidap kanker usus besar dapat mengalami gejala berupa:

  • Kelelahan
  • Sering merasa BAB tidak tuntas
  • Perubahan pada bentuk tinja yang terjadi lebih dari sebulan
  • Berat badan turun drastis

Apabila kanker usus besar sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, dapat muncul gejala berupa:

  • Sakit kuning (ikterus)
  • Pandangan kabur
  • Pembengkakan pada lengan dan tungkai
  • Sakit kepala
  • Patah tulang
  • Sesak napas

Profil Hilbram Dunar

Terkenal sebagai presenter kondang yang sudah malang melintang di dunia hiburan tanah air sejak era 1990-an, jejak karir Hilbram bisa dibilang cukup panjang.

Pria kelahiran Banda Aceh, 30 Oktober 1975, ini lulus dari SMA 3 Jakarta pada 1994 dan melanjutkan pendidikan S1 selama 5 tahun di Fakultas Teknik Universitas Trisakti.

Baca Juga : 10 Negara dengan Umur Terpendek, Kisaran 50 Tahun

Semasa kuliah, Hilbram telah aktif sebagai penyiar dan reporter di MS Tri FM sebelum memulai karier di Hard Rock FM Jakarta pada 1999 hingga 2005.

Sejak saat itu, kariernya terus menanjak dan dia dipercaya untuk memandu berbagai program mulai dari game show, reality show, acara olahraga, hingga motivasi.

Beberapa program televisi yang dipandu oleh Hilbram Dunar adalah Coffee Break, All Sports, Mario Teguh Golden Ways, Badminton Super Series, Formula One Race & Qualifying, BundesLiga, Selamat Malam Nusantara, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu. Ada juga enam buku yang sudah diterbitkan olehnya. Keenam buku tersebut adalah Plastic Heaven, Main Hati, My Public Speaking, Cinta Itu Motivasi, Speak for Money, dan Kalau Mau Dicintai Selamanya Jangan Pilih yang Hanya Bisa Dicintai Sementara.


Topik

Kesehatan Hibram Dunar Hibram Dunar meninggal kanker usus besar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy