Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Sembari Kuliah, Mahasiswi di Malang Buka Usaha Jasa Titip Jelang Lebaran

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

31 - Mar - 2024, 17:07

Placeholder
Usaha jasa titip (jastip) salah satu mahasiswa UM. (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Lebaran identik dengan mudik hingga peluang usaha. Salah satunya jasa titip (jastip) oleh-oleh yang bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha sembari kembali ke rumah.

Jastip sendiri bisa dilakukan oleh orang yang sedang merantau. Salah satunya yakni mahasiswa atau mahasiswi. Atau bahkan orang yang bekerja di luar kota kelahirannya.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Yonalisa Evelyn (21), mengaku jastip adalah sebuah terobosan dirinya untuk menjadi peluang bisnis. Sebab, selain mudik, ia mendapatkan keuntungan meski tidak besar.

“Saya buka jastip ini awalnya tahun 2022 lalu, 2023 libur, sekarang buka lagi,” kata Yona, Minggu (31/3/2024).

Yona mengakui baru membuka jastip dua hari ini, tapi sudah ada puluhan orang yang pesan kepadanya. Pesanan itu pun diterima Yona sembari menyelesaikan studinya yang hanya tinggal yudisium.

“Ya sekarang sudah ada 20-an pesanan. Macem-macem, mulai dari barang hingga kue-kue Lebaran yang viral,” ucap wanita asal Sukodono, Lumajang, ini.

Tahun ini, Yona membuka jastip dari Malang ke Lumajang. Namun ia tidak menutup kemungkinan akan ada pesanan yang akan datang dari kota lain.

“Biasanya sih ada pesanan dari luar kota juga. Ya akhirnya saya kirim barangnya. Intinya tinggal kesepakatan dengan yang menggunakan jasa. Itu aja,” ungkap Yona.

Disinggung tentang ide membuka jastip, Yona mengakui bahwa memang hal itu, selain untuk mendapatkan uang saku tambahan, juga untuk menambah relasi. Mengingat, Yona sendiri masih menempuh pendidikan di UM. “Ya meski tidak terlalu besar-besar banget dapatnya, tapi bisa dapat relasi baru,” ujar Yona.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Alasan lain, sebagai pemuda yang merantau, Yona ingin tetangganya ataupun masyarakat Lumajang dapat merasakan barang atau makanan yang sedang viral saat ini. “Kalau di sana mungkin kan tidak ada barang atau makanan seperti itu. Jadi, supaya orang sana juga merasakan,” ungkap  Yona.

Pada tahun 2022 lalu, Yona mengaku mendapat ratusan pesanan. Namun saat itu, Yona membuka jastip dari Sidoarjo ke Lumajang. “Dulu sempat Surabaya, Madiun, ya Jawa Timur-an sih yang pesan. Mungkin tahun ini lebih banyak,” kata Yona berharap.

Pada jastip kali ini, Yona menerima pesanan barang yang viral di Malang, seperti KKV, Ghealsy.id, Sociolla, Colorbox, Urban&Co, Deliwafa, dan Miniso. Selain itu, ada pula makanan yang sedang viral seperti makaroni ngehe dan Mang Ade.

Tak lupa, juga ada banyak makanan khas Lebaran, seperti Kue Lumpur Arab Legenda, Butter Bun, Mie Bakar Celaket.

Berdasarkan pengakuan Yona, satu barang ia mengambil jasa sekitar Rp 10 ribu, sementara untuk makanan Rp 5 ribu. “Kemungkinan kalau tahun ini H-4 aku baru ke Lumajang karena kan kalau makanan itu pesannya harus mendadak. Kalau lama-lama banget, gak enak juga,” ungkap Yona.


Topik

Ekonomi Usaha jasa titip jastip mahasiswa Malang usaha sampingan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy