Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Ramai Tagar #BoikotErspo di X, Gegara Sikap Anti Kritik Owner? 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

30 - Mar - 2024, 20:55

Placeholder
Poster United About yang memboikot Erspo di X. (Foto: X @utdabout)

JATIMTIMES - Tagar #BoikotErspo tengah menjadi perbincangan hangat bahkan trending di sosial media X dengan 7,5 ribu cuitan pada Sabtu (30/3) malam. Banyak netizen pencinta sepak bola yang menyuarakan tagar tersebut dengan beragam alasan, salah satunya sikap anti kritik sang owner. 

Adapun Erspo merupakan brand jersey resmi Timnas Indonesia yang masih "satu saudara" dengan brand clothing Erigo. Diketahui, sebelum Erspo dipilih sebagai aparel resmi timnas, PSSI memilih Mills sebagai pemasok jersey utama. Namun per-tanggal 18 Maret tiba-tiba Erspo mengambil alih peran sebagai aparel utama untuk Timmnas Indonesia. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Foundation Favorit Para MUA, Makeup Tahan Lama Seharian di Hari Lebaran

Boikot Erspo ini merupakan gerakan yang dilakukan oleh para netizen khususnya penggunan X yang tampak marah dengan desainer jersey Timnas Indonesia keluaran Erspo, Ernanda Putra.

Hal ini menyusul cuitan-cuitan dari sang desainer yang dinilai tak terima jersey Timnas Indonesia itu mendapatkan kritik. Seperti diunggah oleh akun resmi penggemar Manchester United di X @utdabout. 

"Karena beberapa alasan di bawah:

- Anti-kritik

- Jersey Timnas malah dipake gimmick

- Arogan

- Tengil

- Semua disenggol

Mulai tanggal 30 Maret 2024, kami United About menyatakan akan melakukan #BoikotErspo dan #BoikotMakna sampai batas waktu yang tak ditentukan. Selain itu, kami juga menyatakan tidak akan membeli Jersey dan produk keluaran Erspo ataupun Makna," tulis keterangan akun tersebut pada Sabtu (30/3). 

 

Selain itu, terdapat juga warganet yang mengeluhkan kualitas jersey Erspo. Di mana logo setelah dicuci diduga berubah warna. 

Keluhan warganet usai logo jersey Erspo dicuci. (Foto: X @ Ibayuu_)

"Mau nanya Logo sebelum nya kalo pertama kali dicuci begini kah??," @Ibayuu_. 

Selain itu, akun pecinta sepak bola Indonedia @MafiaWasit juga menyoroti merek Erspo yang diduga belum memiliki Hak Paten. 

"Merek Erspo di HAKI belum diterima dan masih dalam proses, bisa-bisanya menang tender Jersey Timnas dengan pemain-pemain terbaik dunianya itu," tulisnya. 

Baca Juga : Amalan Malam Lailatul Qadar untuk Wanita Haid, Buya Yanya: Jangan Libur Ibadah

Sebelumnya, Ernanda juga sempat salinf sindir dengan Pandit sepak bola, Justinus Lhaksana. Mulanya Justinus melemparkan kritik keras untuk jersey skuad Garuda keluaran Erspo. 

Namun Ernanda malah membalas sinis kritikan dari Justinus. Hal inilah yang membuat Ernanda dicap anti kritik oleh netizen X. “Justin yang gue tau cuman Justin Hubner, Timberlake dan Bieber,” tulis @ernandaputra. 

“Siapalah dia tiba2 jadi ngomongin desain. udalah oom lo urus aja hidupmu sendiri. ??‍?,” tulis akun Owner Erspo tersebut. 

"Namanya juga komentator. kerjaannya ya cari panggung. kalo ga gak makan dong besok,” tulis cuitan lainnya.

Dari cuitan-cuitan ini, tidak ada satu pun yang dibuka kolom komentarnya oleh Ernanda Putra. Aksi yang dinilai anti kritik itu pun mendapat respon dari para netizen khususnya para pecinta sepakbola Indonesia sehingga muncul gerakan #BoikotErspo.

Sebelumnya, pundit sepakbola yang akrab disapa Coach Justin itu melemparkan kritikkan pedas untuk jersey Timnas Indonesia keluaran terbaru ini.

Review jersey ini dibahas dalam sosial media Youtube “Registaco” bersama Pangeran Siahaan dan Hanif Thamrin pada Jumat (29/3/2024).

Menurut Justin penampilan dari jersey replika tersebut biasa saja dan tidak memiliki ciri khas yang spesial.

“Menurut gue C aja (biasa aja), gue pernah bilang jangan judge sebelum liat, sayangnya ini bukan jersey player issue, pasti ada pembanding dan itu Mils,” kata Coach Justin.

“Ini logonya murah banget keliatannya. Liat lekukannya aja keliatan, kedua lingkarannya ga perlu, ini ada offside, shieldnya gak langsung,dan kalo lo liat dari jerseynya ini kesannya cuma ditempel doang, ya ga ada eklusifnya sama sekali,” jelasnya.

Mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia itu bahkan menyebut jersey keluaran Erspo ini tidak layak untuk dijual dengan harga Rp600 ribu di pasaran. “Untuk gue, ini dijual 600 ya, menurut gue pego (Rp150 Ribu) doang ini mah,” ungkap Coach Justin.


Topik

Olahraga boikot erspo erspo jersey timnas indonesia erigo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya