Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Dari Gaya hingga Fungsi: Memahami Perbedaan Gamis dan Abaya

Penulis : Redaksi - Editor : Redaksi

22 - Mar - 2024, 18:45

Placeholder
Ilustrasi (Pexels)

JATIMTIMES - Salah satu item fashion hijab kekinian dengan model simpel dan sederhana dan banyak penggemarnya yaitu gamis dan abaya. Namun, tidak semua wanita memahami perbedaan gamis dan abaya. Masih banyak yang menganggap bahwa gamis dan abaya sama saja baik dari segi model atau warna. 

Padahal banyak perbedaan mendasar dari kedua jenis busana tersebut. Untuk memahami perbedaannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Baca Juga : Ini 8 Tren Warna Baju Lebaran 2024, Siap Tampil Kece dan Elegan!

Inilah Perbedaan Gamis dan Abaya

Gamis dan abaya memiliki ciri khas tampilan yang simpel, longgar, serta tidak membentuk tubuh. Tidak heran jika menjadi item fashion yang wajib dimiliki muslimah. Menariknya, kedua busana ini bisa digunakan untuk gaya casual maupun formal. Berikut ini perbedaan gamis dan abaya yang perlu Anda pahami:

1. Potongan dan Desain

Abaya dan gamis merupakan dua jenis busana muslimah populer di seluruh dunia. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menutup aurat dan memenuhi tuntutan agama, namun terdapat perbedaan signifikan. Abaya memiliki ciri khas mantel panjang longgar dengan potongan lurus. 

Umumnya jenis pakaian ini memiliki lengan panjang dan bisa Anda ikat dengan sabuk di bagian pinggang untuk memberi definisi tubuh. Jenis pakaian ini memiliki desain yang lebih sederhana tanpa hiasan yang mencolok. Abaya adalah busana yang berasal dari Timur Tengah dan menjadi pakaian wajib wanita di sana. 

Modelnya yang simpel dengan bentuk melebar memberikan kenyamanan saat dikenakan untuk busana muslim. Saat menggunakan abaya, lekukan tubuh Anda tidak akan terlihat. Selain itu, abaya memiliki desain yang beragam dan trendi sehingga menjadi daya tarik pecinta fashion muslim. 

Jenis busana ini cocok digunakan untuk menghadiri acara formal. Sedangkan bahan yang biasa digunakan untuk bahaya yaitu satin, kaos, brokat, hingga sutra. Jika dulu abaya dikenal dengan warna hitam, saat ini memiliki beragam warna yang bisa disesuaikan dengan selera.

Sedangkan gamis diartikan sebagai gaun atau tunik panjang dengan beragam potongan dan desain. Gamis memiliki potongan lurus, A line dan variasi lainnya dalam bentuk rok dan atasan terpisah. Desain gamis lebih bervariasi dengan adanya tambahan hiasan bordir atau detail menarik lainnya.

2. Penggunaan 

Jika dilihat dari penggunaannya abaya sering digunakan sebagai pakaian sehari-hari di banyak negara Timur Tengah. Sebab, lebih praktis dan fungsional untuk melindungi tubuh dan menutup aurat. Selain, itu abaya juga sering digunakan wanita muslimah saat pergi ke masjid atau menghadiri kegiatan agama. 

Baca Juga : Rekomendasi Baju Couple Keluarga untuk Lebaran, Gaya Stylist dan Kece!

Sebaliknya, gamis sering digunakan dalam konteks yang lebih modis atau untuk menghadiri acara-acara khusus. Gamis cenderung lebih sering digunakan ke acara pernikahan, pesta, atau pertemuan formal lainnya. Desain gamis lebih bervariasi, sehingga cocok digunakan untuk gaya yang lebih beragam.

3. Pakaian Tambahan

Abaya umumnya menggunakan potongan tunggal dan sering ditutup dengan kerudung atau hijab. Penggunaan jubah ini juga sering dipadukan dengan kaos kaki panjang atau legging. Sementara itu, gamis bisa Anda padukan dengan celana atau rok panjang. Tampilan tersebut akan memberikan fleksibilitas saat memadukan busana dengan pakaian tambahan lainnya.

Dapatkan Gamis Abaya yang trendy dan berkualitas hanya di Blibli. Sebagai platform e-commerce terbaik di Indonesia, Blibli hadir menghadirkan banyak kemudahan mulai dari  transaksi hingga metode pembayaran.

Seller-seller terpercaya di Blibli akan memberikan produk-produk berkualitas. Selain itu, produk akan sampai di tangan pelanggan tepat waktu dan aman. Untuk berbelanja lebih hemat, manfaatkan promo Ramadhan. 

Sebagai konsumen cerdas, memahami perbedaan gamis dan abaya akan membantu menggunakan busana ini dengan tepat. Sebab, pada dasarnya kedua busana ini memiliki perbedaan penggunaan dan dari segi desain. Mengenakan pakaian yang tepat akan membuat Anda tampil semakin maksimal. 


Topik

Gaya Hidup abaya gamis blibli



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Redaksi

Editor

Redaksi